• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribun Jakarta

Aset Jaya Komara Tersebar di Tiga Provinsi

Rabu, 1 Agustus 2012 00:01 WIB
Aset Jaya Komara Tersebar di Tiga Provinsi
NET
Koperasi Langit Biru

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyidik Bareskrim Polri masih terus menelusuri berbagai aset yang dimiliki bos Koperasi Langit Biru (KLB) Jaya Komara.

Ada sekitar 50 aset yang keberadaannya telah diketahui polisi, dan sedang dalam proses penyitaan. Aset yang dimiliki Jaya Komara bermacam-macam, mulai dari rumah, sekolah, hingga vila.

"Nilai aset belum bisa dihitung, karena harus diadakan audit investigasi. Namun, aset berupa tanah, rumah, vila, kendaraan, dan ruko, semua sudah diinventarisir dan tinggal menggeledah," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Anang Iskandar, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (31/7/2012).

Dalam file komputernya, lanjut Anang, Jaya Komara memiliki sekitar 50 aset dalam berbagai bentuk.

Rinciannya, rumah 19 unit, tujuh gudang, 48 mobil, 18 sepeda motor, 250 komputer, enam perusahaan, satu vila, dan sebuah sekolah.

"Asetnya ada di tiga provinsi, Jakarta, Banten, dan Jawa Barat," ujar Anang.

Saat ini penyidik sudah memeriksa 45 saksi dari berbagai pihak, mulai dari korban, karyawan, dan Dinas KUKM untuk melengkapi berkas.

Jaya Komara ditangkap pada Selasa (24/7/2012) lalu sekitar pukul 17.00 WIB, di sebuah hotel di Purwakarta, Jawa Barat bersama istrinya.

Jaya dianggap sudah menipu ratusan ribu anggota koperasi, dan menggelapkan uang ratusan miliar rupiah. Jaya pun melakukan pencucian uang yang ia gelapkan melalui KLB.

Koperasi yang didirikan Jaya beroperasi atas dasar akta notaris Winda Wirata No 24 tanggal 9 April 2011, yang diterbitkan Dinas Koperasi dan UMKM Banten pada 20 Juli 2011.

Tak seperti koperasi pada umumnya, KLB menawarkan investasi dengan imbalan hasil tinggi. Paket investasinya berkisar Rp 385 ribu-Rp 14 juta.

Imbal hasilnya mencapai 258,97 persen dalam dua tahun, atau 10 persen sebulan dari nilai penyertaan. Koperasi memutar uang nasabah di usaha broker daging. KLB telah menjaring 115 ribu investor, dengan dana yang terkumpul di atas Rp 500 miliar. (*)

BACA JUGA

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Yaspen Martinus
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
782722 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas