Senin, 22 Desember 2014
Tribun Jakarta

JK: Saya yang Pertama Kali Ajak Jokowi Maju di Pilgub DKI

Minggu, 5 Agustus 2012 21:33 WIB

JK: Saya yang Pertama Kali Ajak Jokowi Maju di Pilgub DKI
Abdul Qodir/Tribunnews.com
Mantan Wakil Presiden sekaligus Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla diwawancarai di Gedung DPR/MPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa (17/7/2012).

TRIBUNNEWS.COM – Mantan wakil presiden Jusuf Kalla, mengaku dirinya adalah orang yang pertama kali mengajak Joko Widodo untuk maju mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta.

"Saya mau membuka rahasia. Sebenarnya saya dulu yang pertama kali mengajak Jokowi untuk datang ke Jakarta,"ungkap Jufu Kalla di Jakarta, (05 /07/2012).

Pria yang akrab disapa JK itu mengatakan, awalnya dirinya menelpon Jokowi untuk mencoba maju, namun Jokowi merasa tidak mampu. "Saya bilang waktu itu, cobalah urus Jakarta. Kamu kan sudah hebat urus Solo. Tapi dia bilang bagaimana caranya? Ya pokoknya maju saja dulu," kata JK.

JK mengatakan, awalnya Jokowi ragu karena bagaimana caranya untuk menjadi calon gubernur DKI Jakarta, karena dirinya tidak memiliki apa-apa.

"Waktu saya telepon, Jokowi bilang bagaimana caranya. Ya saya bilang majulah lewat PDI-P. Lalu dia bilang bagaimana bisa belum ada izin dari Bu Mega. Saya jawab, gampanglah itu biar saya yang mintakan izin," jelasnya.

Namun saat itu, lanjut JK, Jokowi masih tetap ragu karena merasa tidak memiliki modal. "Waktu itu Jokowi bilang nggak punya uang. Saya jawab, tenang saja, media di Jakarta sangat bersahabat," kata JK.

JK menuturkan, dirinyalah yang berbicara beberapa kali dengan Megawati soal pencalonan Jokowi sebagai gubernur DKI.

"Saya bilang sama Bu Mega kalau Jokowi akan mencalonkan sebagai gubernur DKI. Lalu Bu Mega tanya, Pak Jusuf bisa jamin. Saya jawab, siapa yang bisa jamin menang pilkada. Yang jelas kita jamin untuk mendukungnya," terang JK.

Penulis: Mochamad Faizal Rizki
Editor: Dodi Esvandi
Sumber: Tribun Jakarta

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas