• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 2 September 2014
Tribun Jakarta

Program Pendidikan Gratis DKI, Duitnya Dari Mana?

Minggu, 5 Agustus 2012 11:22 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Kebangunan Jakarta (LKJ) mempertanyakan dana untuk program pendidikan gratis yang dilaksanakan Pemprov DKI belum lama ini dibawah kepemimpinan Gubernur DKI Fauzi Bowo.

Aktivis LKJ, Hendri Yana, menuturkan program wajib belajar 12 tahun gratis itu sebenarnya sangat bagus, namun terkesan dipaksakan. Menurutnya banyak Kepala Sekolah yang using akibat program tersebut.

"APBD-P DKI kan belum ketuk palu. Saya bingung, duitnya dari mana? Kalau pun sudah ketuk palu, kan butuh proses. Anggaran wajib belajar 12 tahun gratis ini besar, mencapai Rp 675 miliar," ungkap Hendri, Minggu (8/5/2012) dalam keterangan persnya.

Menurutnya pelaksanaan anggaran untuk Beasiswa Rawan Putus Sekolah (BRPS) sebesar 31,4 miliar di tahun 2011 saja, realisasinya amburadul. Hendri menuturkan ia berkata seperti ini karena ada keluhan yang diterimanya dimana banyak tenaga honorer seperti guru honor, satpam, dan sebagainya yang selama ini hanya dicover biaya SPP siswa.

"Jadi sekarang sekolah bingung mau pakai alokasi dana dari mana? Jangan-jangan ini program pencitraan dari Fauzi Bowo saja dalam rangka pemilukada," cetusnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI meluncurkan kartu gratis wajib belajar 12 tahun untuk para siswa, di SMK Negeri 13 Rawa Belong, Palmerah, Jakarta Barat, pada Rabu (1/8/2012) kemarin.

Kartu itu untuk menunjukkan para siswa berhak mendapatkan biaya pendidikan dari Pemprov DKI. Anggaran keseluruhan untuk kartu gratis wajib belajar 12 tahun itu mencapai Rp 675 miliar.

Kepala Dinas Pendidikan DKI, Taufik Yudi Mulyanto, menargetkan pada Agustus 2012 pemberian kartu pendidikan gratis kepada peserta didik bisa mencapai 100 persen. "Saat ini, pelaksanaannya baru 25 persen," kata Taufik.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Gusti Sawabi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
2 KOMENTAR
796801 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • mas lionel-Senin, 6 Agustus 2012 Laporkan
    Bedanya sama Jokowi, kalo Jokowi akan bangun sistemnya dulu, baru keluar produknya = kartu sehat dan kartu pintar.
  • suka usil-Minggu, 5 Agustus 2012 Laporkan
    Inilah bukti kebodohan Foke. Jangan2 dia mau pakai dana hibah yang 14 trilyun. Harus dicermati!
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas