• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 29 Juli 2014
Tribun Jakarta

Jokowi: Maju Cagub DKI, Saya Tak Punya Uang

Senin, 6 Agustus 2012 00:22 WIB
Jokowi: Maju Cagub DKI, Saya Tak Punya Uang

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Joko Widodo mengaku tidak pernah membayangkan dirinya dapat maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

Ia mengaku tidak memiliki uang yang banyak untuk bertarung di Pilkada DKI. Untuk itu, ia akan menghadiri acara di gedung bila diundang. Jika tidak, Jokowi memilih mendatangi kampung-kampung untuk menemui masyarakat secara langsung.

"Saya hadir kesini juga gratis. Kalau undangan pasti saya datangi, kalau enggak ada undangan ya saya enggak datang," kata Jokowi saat acara buka puasa bersama Jusuf Kalla di kawasan Pondok Indah, Jakarta, Minggu(5/8/2012).

Jokowi merasa jabatan sebagai Wali Kota Solo terlalu jauh bila dibandingkan memimpin ibukota. Jokowi mengibaratkan dirinya sebagai semut diantara gajah yang bersaing memperebutkan DKI 1.

"Saya kadang-kadang juga enggak mimpi. Enggak ngebayangin, tahu jadi calon gubernur DKI, saya juga masih merasa semut waktu itu, saya merasa lainnya itu Gajah dan saya kecil seperti Semut. Saya pikir kalau di film cuma figuran," kata Jokowi.

Politisi PDI Perjuangan ini membenarkan cerita JK yang mendukungnya pertama kali untuk maju sebagai cagub DKI. Saat itu ia bercerita apa adanya kepada mantan Wapres RI tersebut.

"Saya katakan apa adanya, saya walikota di kota kecil lalu loncat ke Jakarta apa engga ketinggian. Beliau bilang saya yang urus," kata Jokowi.

Mengenai masalah dana dan izin Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, JK juga meyakinkan Jokowi bahwa semuanya akan diurus. Padahal saat itu PDIP juga belum membicarakan nama Jokowi.

"Pada hari Minggu saya dapat sms dan kami datang dan benar saya dicalonkan di DKI. Saat itu saya pikir engga kesana, saya engga bawa baju, dan engga bawa syarat-syarat.  Ke KPU saya bawa KTP saja, saya cari-cari dpt baju kotak-kotak ini. Tapi ternyata baju ini baju berkah," katanya.

Mengenai perolehan suara 42,6 persen pada putaran pertama, Jokowi mengaku tidak kaget mendapatkan angka tersebut.

"Saya juga sempat katakan ke wartawan akan ada angka yang mengejutkan. Angka kami sampai 42 persen kira-kira begitu dan ternyata memang hampir segitu," pungkasnya.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Willy Widianto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
2 KOMENTAR
798402 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Pengamat Setia-Senin, 6 Agustus 2012 Laporkan
    Pak Jokowi ...

    Anda sungguh luar biasa, rendah hati dan apa adanya ... Semoga istiqomah, Amin.
  • ahmed-Senin, 6 Agustus 2012 Laporkan
    JK itu apa2an sih..jd wapres jg krn golkar..sekarang mlh mbalelo..dasar tua bangsat!katanya negarawan!golkar.. org kyk gt pecat aja!buat apa pengkhianat!!buang ke laut!!
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas