• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 Juli 2014
Tribun Jakarta

Tahun Lalu Empat Juta Warga Jakarta Mudik

Kamis, 9 Agustus 2012 10:16 WIB
Tahun Lalu Empat Juta Warga Jakarta Mudik
Tribun Jakarta/Bian Harnansa
ILUSTRASI

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Dwi Sigit Nurmantyas mengatakan, pada 2011 sebanyak empat juta penduduk Jakarta pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri.

"Data tahun lalu, ada empat juta penduduk Jakarta yang pulang kampung. Sekarang ada 53 ribu penduduk Jakarta yang ikut mudik bareng, yang diselenggarakan beberapa perusahaan. Jadi, sedikit banyak pasti mempengaruhi jalur Pantura (Pantai Utar Jawa) dan Tangsel (Tangerang Selatan)," ujar Sigit, Kamis (9/8/2012).

Saat ditanya berapa jumlah penduduk DKI yang mudik pada Lebaran tahun ini, Sigit masih belum bisa memastikan.

Yang jelas, lanjutnya, sebanyak 53 ribu warga akan terangkut dari Jakarta ke berbagai kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, melalui program mudik bareng.

Sigit pun tak bosan meningatkan warga Jakarta yang hendak mudik, agar tidak menggunakan kendaraan roda dua. Sebab, sepeda motor rawan kecelakaan, dan tidak didesain untuk perjalanan jarak jauh.

"Saat Operasi Ketupat 2011, ada 235 kecelakaan lalu lintas. 239 kecelakaan melibatkan sepeda motor, 21 melibatkan mobil bus, 19 melibatkan angkutan barang, dan 3 kecelakaan melibatkan
kendaraan khusus," tutur Sigit.

Untuk itu, papar Sigit, pihaknya membangun dua check point di Tangerang dan Bekasi, untuk mengimbau pemudik sepeda motor yang membawa anak dan barang berlebih, bahwa itu sangat bahaya.
Dari 235 kecelakaan lalu lintas tahun lalu, jumlah korban meninggal dunia ada 25 orang, luka berat 103 orang, luka ringan 210 orang, dan kerugian materi mencapai Rp 660.750.000.

"Wilayah yang paling sering terjadi kecelakaan saat Operasi Ketupat 2011, di Jakarta Timur, yakni 33 kecelakaan. Disusul Jakarta Utara 32 kecelakaan, dan Jakarta Barat 26 kecelakaan. Waktu paling rawan kecelakaan antara pukul 15.00-18.00 WIB," jelas Sigit. (*)

BACA JUGA

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Yaspen Martinus
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
811172 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas