• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Tribun Jakarta

Mudik Bareng Gratis Rugikan Pengusaha PO

Selasa, 14 Agustus 2012 17:06 WIB
Mudik Bareng Gratis Rugikan Pengusaha PO
TRIBUNNEWS.COM/IWAN TAUNUZI
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar secara simbolis melepas peserta mudik gratis bareng PKB, di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh 9 Jakarta Pusat, Jumat (26/8/2011).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah perusahaan otobus (PO) mengeluhkan banyaknya program mudik gratis, yang dilakukan berbagai perusahaan. Sebab, banyaknya program mudik gratis membuat omset penjualan tiket angkutan mudik menurun.

Boy Mando, agen tiket Bus Gumarang Jaya rute Jakarta-Padang mengatakan, kegiatan mudik gratis yang digelar banyak perusahaan dan pemda tetangga, hanya menguntungkan warga yang mau mudik, tapi merugikan PO yang biasa melayani angkutan mudik Lebaran di berbagai terminal di Jakarta.

"Mudik bareng gratis menurunkan omset penjualan tiket PO, yang biasanya H-7 tiket sudah terjual habis, sekarang hingga H-5 Lebaran tiket masih tersisa cukup banyak," ujar Boy di Terminal Pulogadung Jakarta Timur, Selasa (14/8/2012).

Boy menjelaskan, lima tahun lalu pihaknya bisa menjual tiket habis hingga H-7, dengan memberangkatkan delapan bus dan total penumpang 320 orang setiap hari. Sementara, harga tiket yang diberlakukan tetap sama, yaitu Rp 450 ribu per orang untuk bus eksekutif.

Sejak diadakan kegiatan mudik gratis, paparnya, PO kalah bersaing, dan mengakibatkan penurunan penjualan tiket dari tahun ke tahun. Sehingga, otomotis juga menurunkan jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutannya, serta jumlah bus yang diberangkatkan.

"Tahun ini lebih turun dari tahun 2011. Tahun ini, tiket belum habis hingga hari ini. Lima tahun lalu, H-7 tiket sudah habis. Sekarang, sejak H-7 hingga hari ini, kami hanya memberangkatkan tiga bus dengan total 120 penumpang setiap hari. Bus yang kami berangkatkan tiga kali, pukul 08.00, 09.00, dan 10.00 WIB," jelasnya. (*)

BACA JUGA

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Yaspen Martinus
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
831892 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • buruh tani-Selasa, 14 Agustus 2012 Laporkan
    Makanya kalo musim mudik
    jangan suka mainkan harga
    tiket.. Fakta di lapangan
    masyarakat mengeluhkan
    harga tiket yang tinggi
    dibanding hari-hari biasa.
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas