Senin, 24 November 2014
Tribun Jakarta

Penitipan Hewan Ramai Diserbu Pemilik Hewan Peliharaan

Rabu, 15 Agustus 2012 19:42 WIB

Penitipan Hewan Ramai Diserbu Pemilik Hewan Peliharaan
TRIBUN JAKARTA/BAHRI KURNIAWAN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lebaran, Natal, dan liburan lainnya penitipan hewan ramai diserbu para pemilik hewan peliharaan.

Demikian dikatakan Suardi, seorang petugas Pondok Pengayom Satwa Jakarta (PPSJ) saat ditemui Tribun di Pondok Pengayom Satwa Jakarta (PPSJ) yang terletak di Jl. Harsono RM. No. 10, Ragunan, Jakarta, tak jauh dari lokasi Taman Margasatwa Ragunan, Rabu (15/8/2012).

Seperti masa-masa jelang lebaran saat ini, merupakan saat-saat permintaan pelayanan jasa penitipan hewan sedang tinggi-tingginya.

"Disini malah sudah dari awal bulan full book," terang Suardi.

Suardi juga menjelaskan bahwa untuk menitipkan hewan peliharaan di PPSJ Ragunan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Pertama pemilik harus mengetahui kondisi kandang dan jenis makanan satwa di Pondok Pengayom Satwa.

Kedua, satwa harus dalam keadaan sehat, bebas kutu, tidak bunting/menyusui, telah divaksin lengkap dan menunjukkan sertifikat vaksinasi asli dengan tanggal vaksinasi terakhir adalah antara 11 bulan hingga 7 hari sebelum hari penitipan.

Bila selama dalam masa penitipan satwa yang bersangkutan sakit, maka PPSJ akan melakukan tindakan pengobatan yang biayanya akan dibebankan ke pemilik.

Bila satwa mati tiba-tiba tanpa gejala sakit, PPSJ tidak bertanggung jawab secara material. Satwa bisa diautopsi dengan permintaan pemilik.

Pemilik harus menyelesaikan keseluruhan biaya administrasi dimuka dan menandatangani Surat Perjanjian Titipan.

Pemilik menunjukkan KTP, memberikan alamat lengkap, alamat email, dan nomer telpon yang bisa dihubungi selama masa penitipan.

Pemilik mengetahui bahwa satwa yang dititipkan mungkin mengalami stress selama beradaptasi dengan lingkungan baru.

Check in dan Check out satwa titipan hanya bisa dilayani selama jam kerja PPS. Pelayanan sore hari (Pukul 15.00-19.30) akan dikenakan biaya tambahan.

Sementara itu untuk biaya penitipan, untuk biaya penitipan anjing dikenakan biaya 36.000-80.000 rupiah per anjing per hari, tergantung berat badan hewan yang akan dititip. Sementara biaya penitipan kucing adalah sebesar 36.000 per kucing per hari.

Pemilik hewan juga diharuskan membayar uang jaminan titipan sebesar 410.000 untuk anjing dan 325.000 untuk kucing, uang jaminan akan dikembalikan pada saat pengambilan hewan.

Baca Juga:

Penulis: Bahri Kurniawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Sumber: Tribun Jakarta

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas