• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Jakarta

Video Ancaman Berbau SARA Beredar di Youtube

Sabtu, 18 Agustus 2012 01:40 WIB
Video Ancaman Berbau SARA Beredar di Youtube
TRIBUNNEWS.COM/DANANG SETIAJI

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Isu SARA kembali muncul menjelang Pemiulkada DKI Jakarta putaran kedua. Kini, beredar video penolakan terhadap etnis tertentu, agar tidak menggunakan hak pilihnya pada Pemilukada DKI Jakarta.

Video itu tersebar luas melalui internet, dan dapat diakses melalui situs Youtube. Video bertajuk 'Koboy Cina Pimpin Jakarta' berdurasi dua menit. Berdasarkan penelusuran Tribun, saat membuka video, ada suara dari seorang pria. Namun, wajah dari si pemilik suara sengaja disamarkan.

"Kami pemuda penyelamat Jakarta memberi ultimatum kepada warga keturunan untuk tidak memilih di pemilukada atau...," demikian suara yang disampaikan oleh orang yang tidak jelas mukanya, dalam video yang beredar di youtube.

Awalnya, dalam video tersebut muncul pidato Bung Karno yang menjelaskan bahwa dirinya baru kembali menginjakkan kaki di Bumi Jakarta.

"Saudara-saudara sekalian, Alhamdulilah di hadirat Allah SWT, ini hari aku telah menginjak kembali di Bumi Jakarta," begitu pidato Bung Karno.

Video yang diunggah pada 12 Agustus 2012 oleh akun bernama PP10Tahun1959, berisi sebuah ancaman. Sebab, setelah suara sang pria terdengan, muncul gambar ketika kerusuhan 1998 terjadi. Di mana, warga keturunan banyak yang dianiaya. Suara serak dan sangar si pria terdengar sambil memegang golok dengan muka yang disamarkan. (*)

BACA JUGA

Penulis: Willy Widianto
Editor: Yaspen Martinus
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas