Kamis, 27 November 2014
Tribun Jakarta

348 Bus Tak Lulus Uji KIR di DKI

Minggu, 19 Agustus 2012 06:00 WIB

348 Bus Tak Lulus Uji KIR di DKI
TRIBUNNEWS.COM/WAHYU AJI
uji KIR bus

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Setiaji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berdasarkan catatan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI dari pemeriksaan bus di tujuh terminal pemberangkatan, dari 3.271 bus ada sebanyak 348 bus yang tak lulus uji KIR karena dianggap tak layak jalan. Sedangkan 2.923 bus dinyatakan lulus uji KIR.

Kadishub DKI Udar Pristono menegaskan pihaknya akan mencabut izin operasional bus yang tak layak jalan. Menurutnya peringatan tersebut bukanlah gertakan semata karena kondisi bus yang tak layak jalan dapat membahayakan keselamatan penumpang. Pemeriksaan kelayakan bus ini dilakukan di terminal Pulo Gadung, Kampung Rambutan, Kalideres, Lebak Bulus, Rawamangun, Tanah Merdeka, dan Tanjung Priok.

"Silakan kalau masih ada bus yang nekat beroperasi walau tak lulus uji KIR. Akan kami tindak tegas dan sanksi terberat yang diberikan bisa sampai penyetopan operasi hingga pencabutan izin operasi," ujar Pristono, Sabtu (18/8/2012).

Pristono menerangkan untuk mengetahui bus yang tidak lulus uji KIR cukup mudah, misalnya bus tersebut tak dipasangi stiker sebagai tanda lulus uji emisi. Para pemudik, lanjutnya, diminta jeli saat akan naik bus. Jika ada bus beroperasi namun tak dilengkapi stiker tanda lulus uji KIR, maka segera laporkan kepada pihaknya.

"Bus yang menaikkan tuslah melebihi ketentuan, juga harus dilaporkan. Laporan ini yang akan dijadikan bahan untuk penindakan tahap awal," tegasnya.

Pristono menambahkan, 348 bus yang dinyatakan tidak lulus uji KIR ini karena banyak faktor. Misalnya badan bus keropos, kaca retak, menggunakan ban vulkanisir, lampu mati dan sebagainya. Selain itu ada juga yang kemudinya tidak normal maupun rem kurang pakem.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Yudie Thirzano

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas