• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 April 2014
Tribun Jakarta

Kasus Kecelakaan Andre Johanes Mamuaya Akan Dihentikan

Rabu, 22 Agustus 2012 15:11 WIB
Kasus Kecelakaan Andre Johanes Mamuaya Akan Dihentikan
Direktur Andaro Energy Andre Mamuaya

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya telah menyimpulkan bahwa kecelakaan yang menyebabkan tewasnya Direktur PT.Adaro Enerby Tbk, Andre Johanes Mamuaya, di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Selatan kemarin pagi, Selasa (21/08), adalah murni kesalahan Andre.

Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Darmanto saat ditemui di kantor Ditlantas di Jalan MT.Haryono, Jakarta Selatan, Rabu (22/08/2012), mengatakan proses hukum dalam kasus ini bisa dihentikan sesuai pasal 77 KUHP, yang menyatakan kewenangan menuntut pidana dihapus jika tertuduh meninggal dunia.

"Penghentian bisa kita lakukan setelah melakukan gelar perkara, dengan mengundang propam, inspektorat pengawasan dan bidang hukum," katanya.

Andre kata Darmanto diketahui mengemudikan spedamotor Ducati Sprot S 1000 nya dalam kecepatan tinggi, hal tersebut bertentangan dengan ketentuan berkendara di jalan protokol yang batas maksimalnya adalah 60 kilometer perjam.

Saat menyalip mobil Toyota Inova bernomor Polisi B 1438 PKP yang dikemudikan Mahendra Tarigan, Andre melakukannya dari sebelah kiri. Hal itu menurut Darmanto juga bertentangan dengan ketentuan berlalu lintas.

Padahal di Jalan Jendral Sudirman, khususnya di depan Plaza Sentral kondisi jalanan mulus, saat kejadian situasi lalu lintas juga lengang. Polisi juga tidak mendapati jejak ban sepedamotor Andre yang menandakan ia telah melakukan pengereman mendadak.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa dari hasil penyelidikan diketahui kesalahan terletak pada Andre yang kurang konsentrasi, sementara Mahendra Tarigan dalam kasus ini posisinya adalah korban.

"Mengenai kenapa korban berani menyalip dari sebelah kiri dengan kecepatan tinggi, kita belum melakukan penyidikan ke arah sana," tandasnya.

Baca Juga:

Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
Editor: Johnson Simanjuntak
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
852651 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas