Rabu, 1 April 2015
Tribun Jakarta

UMN Pionir Bangunan Double Skin Hemat Energi

Kamis, 6 September 2012 20:57 WIB

UMN Pionir Bangunan Double Skin Hemat Energi
Kompas.com
Rencana Lima Menara Baru Kampus UMN di Serpong, Tangerang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menjadi pionir dalam penggunaan konsep double skin. Teknologi ini memungkinkan tower gedung hemat energi sampai 30 persen berkat pemaksimalan penggunaan cahaya secara alami.

"UMN sebagai pionir dalam penggunaan konsep double skin" ujar Arsitek Budiman Hendropurnomo sebagai pendisain New Media Tower, gedung hemat energi, dalam press briefing UMN di Hotel Santika, Jakarta, Kamis (6/9/2012).

Konsep duble skin yang dipakai UMN, unit bisnis kelompok Kompas Gramedia, untuk menutupi ruang-ruang laboratorium dan kuliah yang baru di Serpong, tangerang, Banten.

Ia menjelaskan, teknologi serupa digunakan di gedung perkantoran Allianz Tower yang terdapat di Jalan Rasuna Said Kuningan, dapat mengurangi pemakaian energi sebanyak 30 persen dengan memakai advance double glazed facade. Pada proyek Medialand, New Media Tower ini dibuat kulit luar gedung menjadi dua lapis.

"Lapisan paling luarnya menggunakan lembaran aluminium yang diberi lubang-lubang sebanyak 50 persen saja dari luasan kulit. Sehingga sinar matahari yang masuk terkontrol dan dikurangi setengahnya," kata Budiman  mengenai bangunan baru Kampus UMN yang luas bangunan towernya sendiri 32.600 meter persegi.

Lanjutnya, jendela kaca clear diposisikan sebagai kulit dalam yang bisa dibuka tutup sesuai kebutuhan cross ventilasi.

Kulit rangkap dua ini manfaatnya berlipat ganda. Selain untuk mengurangi panas matahari yang masuk dan mengurangi penggunaan akan AC, pun bertujuan memberikan fleksibilitas kalau diperlukan natural cross ventilation.

Halaman123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Domu D. Ambarita
KOMENTAR

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas