Sabtu, 28 Februari 2015
Tribun Jakarta

Ahok juga Tak akan Pakai Pengawalan Voorijder

Sabtu, 22 September 2012 13:48 WIB

Ahok juga Tak akan Pakai Pengawalan Voorijder
/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
IBUNDA JOKOWI DAMPINGI DEBAT CAGUB DKI JAKARTA - Ibu Sujiatmi Notomiatdjo (berkerudung) Ibunda Calon Gubernur DKI Jakarta Haji Joko Widodo atau Jokowi yang berpasangan dengan Cawagubnya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, ikut datang mendampingi memberi suport kepada anaknya yang mengikuti acara Debat Cagub Cawagub DKI Jakarta melawan pasangan Cagub/Cawagub Foke-Nara, Minggu (16/9/2012) lalu, yang berlangsung di Studio MetroTV Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta. (TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-  Pasangan Calon Pemimpin Baru DKI, Jokowi-Basuki sepakat untuk tidak memakai Pengamanan dan Pengawalan (Voorijder) dalam bertugas.

Setelah Jokowi menyatakan komitmennya, kini giliran Basuki mengungkapkan janjinya tidak memakai fasilitas Pengamanan dan Pengawalan (Voorijder) sejak dilantik nantinya.

"Kami tak pernah pakai (voorijder)," janji Basuki kepada wartawan di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (22/9/2012).

Menurut dia, komitmen ini seiring program kerja mengatasi kemacetan di Ibukota Negara. Pasalnya, lanjut dia, bila memakai pengawalan khusus maka kemacetan akan makin tambah.

"Kalau hanya ke kantor tidak perlu voorijder. Datangnya bisa lebih pagi kalau mau menghindari macet," terangnya.

Ia juga mengatakan pemakaian pengamanan khusus itu akan dipakai hanya jika ada tamu, dan saat dipanggil ke Istana. Selain itu, fasilitas yang menurut Fitra dialokasi  sebesar Rp 610 juta tersebut tidak akan dipakai.

Sebelumnya, Koordinator Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Uchok Sky Khadafi, menyebutkan alokasi voorijder Pemprov DKI Jakarta pada 2012 ini meningkat dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Pada 2011, alokasi anggaran untuk pos voorijder sebesar Rp 200 juta. Dan jumlah itu jauh lebih rendah pada 2010, yakni sebesar Rp 80 juta.

Halaman123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Gusti Sawabi
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas