Rabu, 26 November 2014
Tribun Jakarta

Jokowi Menang, Wali Kota Jakut Kumpulkan Kepala Sekolah

Sabtu, 22 September 2012 21:19 WIB

Jokowi Menang, Wali Kota Jakut Kumpulkan Kepala Sekolah
TRIBUNNEWS.COM
Joko Widodo alias Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi pasangan Cagub-Cawagub DKI Jakarta yang diusung PDIP dan Gerindra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Usai kemenangan Jokowi-Basuki dalam pilkada DKI 2012 versi hitung cepat, Wali Kota Jakarta Utara mengumpulkan seluruh Kepala Sekolah SMA dan SMK se-Jakarta Utara. Mereka dikumpulkan untuk pembersihan informasi bahwa tidak ada infiltrasi kepada guru untuk memilih pasangan Foke-Nara.

Ketua Tim Advokasi Jokowi-Basuki, Denny Iskandar kepada Tribun di Posko Pemenangan Jokowi-Basuki, Jakarta Pusat, Sabtu (22/9/2012), mengakui telah mendengar informasi tersebut. Kabarnya, kata Denny, dalam briefing kali ini berlangsung tenang dan santai.

“Itu diduga dalam rangka pembersihan informasi yang tempo hari dilaporkan ke Panwaslu,” ujarnya.

Para pendidik yang tergabung dalam Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ) protes dengan upaya politisasi mereka untuk mencoblos Foke. Mereka mengadukan, setidaknya, 10 modus politisasi ke Panitia Pengawas Pemilu DKI Jakarta, Rabu (19/9/2012). Salah satunya, pemasangan baliho ucapan terima kasih kepada Gubernur Fauzi Bowo atas sekolah gratis.

Dari keterangan saksi yang mengadu ke FMGJ, pemasangan baliho dilakukan kepala sekolah yang menjalankan perintah dari Kepala Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta. Dana pembuatan baliho diambil dari kas masing-masing sekolah dan setiap sekolah minimal memasang dua baliho. Dalam laporannya ke Panwaslu, FMGJ membawa bukti kwitansi pembuatan baliho.

Salah satu guru yang minta dirahasiakann identitasnya kepada Tribun mengungkapkan bahwa briefing juga dilakukan kepala sekolah kepada guru-guru sehari setelah kemenangan Jokowi-Ahok. Briefing yang dilaksanakan pukul 08.00 WIB, menurut guru tersebut berjalan tenteram dan menenangkan guru-guru.

“Kita sekarang sudah punya gubernur baru, dan marilah kita sambut kemenangan ini. Sekolah sejak awal sudah membebaskan kepada guru-guru untuk memilih cagub dan cawagubnya,” ujar salah satu kepala sekolah seperti ditirukan sumber Tribun.

Ternyata, briefing itu bukan saja di sekolahannya, tapi juga di sekolah lain berdasarkan keterangan temannya sesama guru.

Berita Terkait: Pemilihan Gubernur DKI

Penulis: Y Gustaman
Editor: Willy Widianto

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas