• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 20 Agustus 2014
Tribun Jakarta

Tanggul Jebol Perumahan Bukit Cengkeh Depok Terendam

Selasa, 13 November 2012 16:14 WIB
Tanggul Jebol Perumahan Bukit Cengkeh Depok Terendam
Bahri Kurniawan/Tribun Jakarta
Tanggul Kali Laya di Cimanggis Depok jebol dan merendam rumah di sekitarnya

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kali Laya yang terletak di kawasan Cimanggis, Depok jebol, dinding kali tak mampu menampung volume air yang begitu banyak akibat hujan deras yang belakangan ini turun hampir setiap hari.

Akibat jebolnya kali selebar dua meter itu, puluhan rumah di Perumahan Bukit Cengkeh II, Depok yang terletak di pinggir kali sempat terendam air dengan ketinggian lebih dari satu meter.

Menurut keterangan warga, air kali mulai meluap sekitar pukul 12 tengah malam, air semakin deras dan mencapai puncaknya sekitar pukul 2 pagi.

"Mulai meluapnya sekitar jam 12 semalam, puncaknya jam 2-an," ujar Wakil Ketua RW 16, Waluyo kepada wartawan di lokasi kejadian, Selasa, (13/11/2012).

Sementara itu, warga lain yang bernama Aris mengatakan dirinya dan beberapa warga sudah menyadari air mulai meluap sekitar pukul 10 malam, ia bersama beberapa warga bahkan sempat membuat tanggul-tanggul dari pasir untuk menahan luapan air.

"Ya kita juga gak nyangka akan jadi besar gini," tukas Aris.

Rumah-rumah yang sempat terendam aliran jebolan kali laya adalah rumah yang terletak di antara kali Laya dan Kali Jantung. Sementara rumah-rumah yang terletak di seberang Kali Jantung tidak terkena banjir karena aliran air langsung masuk ke Kali Jantung.

Dari pantauan Tribun di lokasi kejadian, meskipun air yang merendam rumah sudah tidak tinggi, arus air sampai dengan sore ini masih cukup deras, beberapa petugas dari satgas Banjir nampak masih mencoba untuk membuat semacam tanggul agar air luapan bisa agak tertahan.

Seperti diketahui, belakangan ini hujan deras beserta angin kencang hampir setiap hari melanda kawasan Jabodetabek. Kondisi ini mengakibatkan beberapa kali meluap karena menampung air melebihi kapasitasnya.

Klik:

Penulis: Bahri Kurniawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Sumber: Tribun Jakarta
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1127441 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas