• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 30 Juli 2014
Tribun Jakarta

Hatta Rajasa Setuju Tarif MRT Harus Disubsidi

Rabu, 5 Desember 2012 04:51 WIB
Hatta Rajasa Setuju Tarif MRT Harus Disubsidi
IST
Desain Mass Rapid Transit (MRT) di Jakarta.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, harus ada subsidi untuk tarif mass rapid transit (MRT). Ini supaya tarif MRT bisa terjangkau masyarakat.

"Saya setuju tarif kereta api harus disubsidi. Kalau tidak, rakyat tidak kuat bayarnya. Prinsipnya, kalau saya, tetap harus diberikan subsidi," ujar Hatta, Selasa (4/12/2012).

Jika harga tiket dibebani kepada masyarakat, lanjutnya, dikhawatirkan layanan ini bakal mubazir, karena tidak ada yang menggunakan akibat tiket yang mahal. Padahal, tujuan dari pembangunan MRT adalah untuk mengatasi masalah kemacetan.

Menyangkut beban subsidi siapa yang bakal menanggung, apakah pemerintah pusat atau pemerintah provinsi, Hatta tidak mempersoalkan, karena sama saja.

Tinggal, bagaimana negoisasi untuk menetapkan porsi yang mesti ditanggung oleh pemerintah pusat maupun Pemprov DKI Jakarta.

Hatta mengaku enggan untuk terlalu ikut campur dalam proses negoisasi antara Gubernur DKI Jakatra Joko Widodo dengan Menteri Keuangan Agus Martowordojo.

"Saya tidak ingin campur dalam hal-hal yang teknis," ucapnya. Meski demikian, Hatta menunggu laporan perihal ini.

Setelah dihitung, tarif MRT yang bakal berlaku di Jakarta mencapai Rp 38 ribu. Gubernur DKI Jakarta Jokowi menginginkan tarif bisa turun menjadi Rp 15 ribu. Hal itu dimungkinkan, asal ada subsidi untuk tarif.

Jokowi pun mengajukan usulan supaya pemerintah pusat ikut memberikan subsidi MRT, dengan cara menanggung 70 persen beban pinjaman Pemprov DKI Jakarta. (*)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Kontan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1190782 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas