• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribun Jakarta

KJS Percontohan Pembayaran INA CBG'S Nasional

Kamis, 28 Maret 2013 12:33 WIB

Laporan wartawan Wartakotalive.com, Bintang Pradewo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Utama PT Askes (Persero), Fachmi Idris mengatakan program Kartu Jakarta Sehat (KJS) akan menjadi contoh sistem pembayaran INA CBG's nasional.

"INA CBG's merupakan Peraturan Presiden itu harus dilaksanakan 1 januari 2014, dan Pemda DKI akan dijadikan percontohan nasional," kata Fachmi Idris kepada wartawan di Hotel Lumire, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2013).

INA CBG's sendiri merupakan sistem pembayaran kepada Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK) yang dikelompokkan berdasarkan ciri klinis yang sama dan pemakaian sumber daya (biaya perawatan yang sama).

Berbeda dengan sistem pembayaran berdasarkan jumlah layanan (free for service) atau sistem pembayaran paket yang dikelompokan berdasarkan layanan sejenis misalnya paket laboratorium, paket radiodiagnostik, paket tindakan, paket operasi dan lain-lain.

"INA CBG's adalah kita mulai menjaga mutu pelayanan itu terjaga dengan kendali biaya yang baik," imbuhnya.

Pola pembayaran dengan sistem ini adalah prospective payment dimana biaya sudah ditentukan sebelum layanan diberikan. Berbeda dengan pola pembayaran PT Askes (Persero) saat ini, yang pembayarannya dilakukan berdasarkan jenis pelayanan atau paket pelayanannya, pada pola INA CBG's dikenal dengan tarif per-episode kasus yang ditentukan oleh Kode INA CBG's.

Pembayaran per-kode INA CBG's meliputi biaya dari mulai pasien masuk rumah sakit sampai pasien pulang atau sembuh. Satu tarif dibayarkan sekaligus untuk seluruh komponen pelayanan yang meliputi pemeriksaan dokter, penunjang diagnostik (laboratorium, dariodiagnostik, elektromedik, dll), dan obat-obatan, serta akomodasi kelas rawat untuk pasien rawat inap.

"Jadi jelas clinical pathway, bahwa 3 hari sudah sembuh, lebih tiga hari rumah sakit yang nanggung. Jadi harus langsung ditanganin dan tidak boleh pasien didiamkan di rumah sakit," tuntasnya.

Editor: Johnson Simanjuntak
Sumber: Warta Kota
7 KOMENTAR
1604922 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • fredhy-Kamis, 25 April 2013 Laporkan
    Ah yg bner ni percontohan?
    Bukannya ina-cbg's udh ada duluan
    di jamkesmas,apalagi bpjs pd 2014
    ntr pkai sistim ina-cbg's. Jadi
    seharusnya jamkesmas itu
    percontohan tuk BPJS Dong?!
  • david lie-Kamis, 25 April 2013 Laporkan
    KJS adalah program baru yg menggunakan INA CBGS...JAMKESMAS lah pelopor ina cbgs dan VERIFIKATOR INDEPENDEN JAMKESMAS lah pelopor ina cbgs..apakah salah jika pemerintah sedikit membanggakan verifikator ??????
  • henny yusnita-Kamis, 25 April 2013 Laporkan
    Saya rasa KJS tdk cocok
    disebut sbg ”percontohan”
    krn program ini msh akan
    dimulai dan belum tahu
    hasilnya seperti apa.
    Sementara pembayaran dgn.
    Ina cbgs sudah terbiasa
    dilakukan oleh PPK yang
    bekerjasama dgn jamkesmas
    sejak thn 2010
  • mahanani-Kamis, 25 April 2013 Laporkan
    "Percontohan" itu sebaiknya dg
    melihat keberhasilan program yg lbh
    dulu ada bukan program baru yg baru
    saja d launching..
  • deddy-Kamis, 25 April 2013 Laporkan
    saat bpjs berjalan bpjs tdk akan kesulitan krna sebagian besar rumah sakit sudah terbiasa dgn inacbg krna sudah diterapkan sejak thn 2010 dlm program jamkesmas..kepesertaan jamkesmas jauh lebh bnyk drpda askes dn jamsostek..jd tidak cocok disebut kjs prog
  • nababan-Kamis, 25 April 2013 Laporkan
    program inacbg bukan hal baru krna sudah dimulai dijamkesmas sejak thn 2010.jd saya rasa kjs tdk bisa disebut percontohan.dr segi kepesertaan jamkesmas sebanyak 86,4 jt jiwa selama ini sudah dikelola dgn inacbg..
  • joe-Kamis, 25 April 2013 Laporkan
    pola inacbg telah diterapkan di program jamkesmas sejak tahun 2010.sebelumnya pada thn 2009 menerapkan pola inadrg...dan diverifikasi oleh verifikator independen jamkesmas
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas