• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 17 September 2014
Tribun Jakarta

1 Mei Nanti Buruh Tangerang Kepung Istana

Jumat, 19 April 2013 00:30 WIB
1 Mei Nanti Buruh Tangerang Kepung Istana
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Ribuan buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) berunjuk rasa dengan melakukan long march dari Bundaran HI menuju Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2013).

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Buruh yang tergabung dalam Komite Aksi Buruh Tangerang Bergerak (Kabut), akan mengepung Istana Negara pada peringatan Hari Buruh Dunia, 1 Mei mendatang.

"Kami sedang konsolidasi dengan serikat buruh lain untuk mengepung Istana pada 1 Mei nanti," ujar Poniman, Koordinator Kabut, Kamis. (18/4/2013).

Menurut Poniman, buruh Tangerang akan melakukan aksi jalan kaki ke Istana Negara pada 1 Mei nanti.

"Sekitar 10 riu buruh akan aksi jalan kaki, supaya tuntutan buruh dipenuhi oleh SBY-Boediono," ucapnya.

Dalam peringatan Hari Buruh kali ini, buruh akan menuntut penghapusan sistem kerja kontrak dan outsourcing, politik upah murah, pemberangusan serikat kerja, premanisme buruh, dan penolakan privatisasi BUMN.

"Kami juga akan mendesak pengusaha dan pemerintah membayar iuran Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) serta menjadikan 1 Mei sebagai hari libur nasional," tuturnya.

Menjelang peringatan May Day, sejumlah organisasi buruh di Tangerang mulai melakukan pemanasan. Mereka mulai mengadakan aksi demo. Ada yang konvoi keliling kawasan industri, ada pula yang aksi di Kantor Disnaker, dan di depan pabrik masing-masing.

Persatuan Buruh Independen (PBI) misalnya, mereka menggelar aksi konvoi untuk sosialisasi peringatan hari buruh, kemarin. Selanjutnya, mereka mendatangi kantor Disnaker Kota Tangerang.

Tubagus Heri, Ketua PBI Kota Tangerang mengatakan, buruh masih punya segudang masalah yang harus dituntaskan pemerintah dan pengusaha.

"Masih banyak hak buruh yang dilanggar. Contoh konkrit adalah masalah upah. Meskipun sudah ditetapkan UMK, masih banyak buruh yang dibayar di bawah UMK," jelasnya. (*)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1687402 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas