Kamis, 27 November 2014
Tribun Jakarta

Demo Buruh, Pengelola Kawasan Industri Pulogadung Siapkan Makanan

Selasa, 30 April 2013 15:52 WIB

Demo Buruh, Pengelola Kawasan Industri Pulogadung Siapkan Makanan
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Ribuan buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) berunjukrasa dengan melakukan longmarch dari bundaran HI menuju Istana Merdeka Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2013). Aksi yang dilakukan ini sebagai pemanasan peringatan hari buruh (may day) pada 1 Mei mendatang, dengan mengusung tuntutan hapus tenaga kerja alih daya, jaminan sosial, dan menolak upah murah. TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekitar 5000 buruh dari 373 pabrik dan perusahaan di kawasan industri Pulogadung dipastikan akan menggelar demo dan turun ke jalan dalam peringatan May Day atau hari buruh sedunia pada Rabu (1/5/2013) besok.

Untuk itu, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (PT JIEP) selaku pengelola kawasan industri Pulogadung bersiap memfasilitasi para buruh dengan menyediakan makanan dan minuman di tiga titik kumpul dan istirahat para buruh yang akan berkonvoi dari kawasan Industri ke Balai Kota.

Selain itu PT JIEP juga memfasilitasi pengamanan agar penyampaian aspirasi para buruh ke pemerintah tidak terkendala.

Achmad Maulizal, Kepala Bagian Humas PT JIEP mengatakan pihaknya berharap para investor atau pengusaha di kawasan industri Pulogadung, mendukung aksi buruh yang akan digelar pada Rabu besok.

Dengan dukungan itu, kata Achmad diharapkan aksi penyampaian aspirasi para buruh akan berjalan kondusif.

"Secara general kami mengizinkan aksi para buruh. Kami berharap para investorpun atau pengusaha dapat bekerjasama mendukung hak mereka menyampaikan aspirasinya," kata Achmad, Selasa (30/4/2013).

Achmad menuturkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polrestro Jakarta Timur dan Kodim Jakarta Timur dalam pengamanan aksi buruh pada peringatan May Day besok.

Menurut Achmad, penyiapan makanan di tiga titik utama peristirahatan atau titik kumpul para buruh yakni di depan Kantor Pajak Cakung, di depan Dealer Yamaha dan di pertigaan Jalan Pemuda.

"Diperkirakan dari kawasan industri Pulogadung ini antara 3500 sampai 5000 buruh yang akan ikut menyampaikan aspirasinya," kata Achmad.

Achmad, mengatakan aksi buruh ini tidak akan terlalu melumpuhkan produksi dan menimbulkan kerugian besar bagi perusahaan yang berada di Kawasan Industri Pulogadung.
Sebab, kata Achmad, mayoritas pabrik di Kawasan Industri Pulogadung adalah supporting system dan sangat berbeda dengan kawasan industri Jababeka yang menjadi sentra produksi barang.

"Disini, pabrik lebih banyak berperan sebagai lokasi pengepakan dan pergudangannya saja," kata Achmad.(bum)

Editor: Johnson Simanjuntak
Sumber: Warta Kota

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas