• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 20 Oktober 2014
Tribun Jakarta

Pemprov DKI akan Atur Pemilihan Ketua RT/RW

Rabu, 15 Mei 2013 13:35 WIB
Pemprov DKI akan Atur Pemilihan Ketua RT/RW
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama menyalami siswa TK peserta kegiatan merakit robot bertema 'Go Green Campaign with Robotic' , di Mal Ciputra Jakarta, Sabtu (11/5/2013). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan membuat peraturan untuk memilih ketua rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW).

Itu dilakukan untuk menanggapi adanya informasi penarikan sejumlah uang dari warga untuk pemilihan ketua RT, di Rusun Marunda Blok B, Jakarta Utara, sebesar Rp 1 Juta.

"Makanya kami dengan Aspem (Asisten Pembangunan) akan menyiapkan bagaimana soal pemilihan RT/RW, termasuk memecat RT/RW," ujar Basuki di Balai Kota, Jakarta, Rabu (15/5/2013).

Basuki menuturkan, informasi ini harus segera dibuat payung hukumnya. Sebab, jika dibiarkan, akan membuat ketua RT/RW yang dipilih seperti 'raja kecil' atau preman di kawasan tersebut.

"Ini supaya tidak terjadi oknum RT/RW menyewakan lahan untuk usaha, parkir, dan segala macam. Kalau ada RT seperti itu, kan jadi raja atau preman, yang kuasai lahan-lahan hijau segala macam," paparnya.

Mantan Bupati Belitung Timur mengungkapkan, pihaknya juga akan megenakan sanksi bagi ketua RT/RW yang melakukan praktik meminta jatah, atau menyewakan lahan dalam peraturan yang akan disusunnya.

"Makanya kami mau siapkan, ada aturan Mendagri, kami mau turunkan untuk mengontrol mereka, kasih sanksi, bisa kami bubarin," ucap Basuki. (*)

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Yaspen Martinus
0 KOMENTAR
1787652 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas