• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 23 September 2014
Tribun Jakarta

Perumahan Elit Bikin Pemukiman Warga Terendam Banjir

Minggu, 19 Mei 2013 17:18 WIB
Perumahan Elit Bikin Pemukiman Warga Terendam Banjir
Warta Kota/ Budi Malau
Walikota Jakarta Timur Krisdianto bersama warga meninjau saluran air di Jalan Tipar Cakung yang sudah 11 tahun ini tersumbat

Laporan Warta Kota, Budi Sam Law Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Akibat adanya pembangunan perumahan elit Jakarta Garden City, ratusan rumah warga di RT 08/RW 12, Kelurahan Cakung Timur, Cakung, Jakarta Timur kerap dilanda banjir jika hujan turun.

Sebab gorong-gorong atau saluran air perumahan elit itu selalu meluap dan airnya menggenangi rumah warga sekitar.

Hal itu diungkapkan Sanwani, Ketua RW 12, Kelurahan Cakung Timur, Cakung, dalam kunjungan kerja dan Silaturahmi Minggu Pagi (SMP) Walikota Jakarta Timur Krisdianto, bersama para pejabat terkait di lingkungan Pemkot Jakarta Timur.

Sejumlah pejabat yang turut ikut yaitu Wakil Walikota Jakarta Timur Husein Murad, Camat Cakung Lukman Hakim dan Lurah Cakung Timur Misdahri, ke wilayah RT 08/RW 12 Kelurahan Cakung Timur.

Dalam kegiatan blusukan dengan menggunakan sepeda tersebut, Krisdianto melakukan dialog dengan masyarakat terkait permasalahan yang ada.

Sanwani menjelaskan akibat adanya pembangunan kawasan perumahan di sekitar tempat tinggal warga yakni Jakarta Garden City, rumah warga sekitar kerap dilanda banjir jika hujan turun.

"Dulu sebelum dibangun perumahan, tempat tinggal kami tidak pernah kebanjiran. Namun saat ini setiap hujan besar, rumah-rumah warga selalu menjadi langganan kebanjiran," kata Sanwani.

Menurut Sanwani, wilayah RW 12 sendiri kondisinya memang lebih rendah dari wilayah lainnya. Selain itu di wilayah tersebut terdapat rawa-rawa seluas 3 hektare yang kondisinya penuh dengan tanaman eceng gondok.

Menurut Sanwani, dirinya bersama warga telah berupaya membersihkan rawa-rawa agar dapat menampung air lebih banyak, namun tidak berhasil.

"Kami berharap Pak Walikota untuk turun tangan agar warga tidak lagi kebanjiran," kata Sanwani.

Terkait masalah ini, Walikota Jakarta Timur memerintahkan Sudin PU Tata Air Jakarta Timur untuk mengeruk gorong-gorong di kawasan Perumahan Jakarta Garden City, sepanjang 40 meter yang menghubungkan wilayah tersebut dengan saluran penghubung ke Cakung Drain.

Menurut Walikota, memang ada beberapa pekerjaan tidak dapat dilakukan secara instan namun perlu perencanaan dan dianggarkan terlebih dahulu.

"Mungkin lahan rawa-rawa yang ada di RW 12 ini dapat kita bebaskan dan dijadikan tempat penampungan air. Saya perintahkan Lurah dan Camat untuk cari pemilik tanahnya, tawarkan untuk kita beli yang nantinya dijadikan waduk dan ruang terbuka hijau masyarakat," kata Krisdianto.

Dalam kesempatan itu, Krisdianto juga berpesan kepada warga untuk menjaga kebersihan, dengan tidak membuang sampah sembarangan seperti ke saluran air atau kali. Banjir yang terjadi selama ini menurutnya, sebagian andil dari warga yang tidak menjaga kebersihan.

"Solusi banjir jangan buang sampah ke kali. Kalo kali bersih, Insya Allah tidak ada banjir," kata Krisdianto.

Editor: sanusi
Sumber: Warta Kota
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1803432 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas