• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 22 Juli 2014
Tribun Jakarta

Siswi SMP Bunuh Diri karena Keputusan Seketika

Minggu, 19 Mei 2013 16:17 WIB
Siswi SMP Bunuh Diri karena Keputusan Seketika
Istimewa
Ilustrasi bunuh diri.

Laporan Warta Kota, Budi Sam Law Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Fanny Wijaya (17), siswi kelas III SMP PGRI Depok, ditemukan tewas gantung diri di rumahnya di Depok, Sabtu (18/5/2013) sore. Diduga remaja itu nekat mengakhiri hidupnya karena takut tidak lulus Ujian Nasional (UN).

Reza Indragiri Amriel, Ahli Psikologi Forensik, mengatakan keputusan Fanny untuk bunuh diri, penyebabnya bukanlah karena depresi, melainkan reaksi ala depresi atau reactive depression.

Reza berpendapat, depresi bersifat kronis dan butuh waktu cukup panjang. Selain itu masalah yang tak berkesudahan menjadi salah faktor depresi. Sementara reactive depression atau reaksi ala depresi bersifat seketika.

"Walau tanda-tandanya mirip dengan depresi. Namun saya lebih cenderung keputusan siswi ini bersifat seketika atau reactive depression," kata Reza.

Reza menjelaskan, reactive depression yang disertai kurangnya perbendaharaan pengetahuan tentang jalan lain yang bisa ditempuh untuk keluar dari persoalan, mengakibatkan Fanny mengambil keputusan yang salah yakni mengakhiri hidupnya.

"Akhirnya berbuah keputusan impulsif yang berlanjut dengan perilaku destruktif. Namun apapun itu, sekali lagi, kejadian ini sangat memprihatinkan," kata Reza.

Selain itu Reza mempertanyakan bagaimana bisa memastikan bahwa bunuh diri yang dilakukan Fanny berhubungan dengan UN. "Adakah surat atau catatan yg ditinggalkan sebelum gantung diri," kata Reza.

"Beban hidup barangkali memang tak ringan, walau juga mungkin tak seberat yang secara dramatis kita bayangkan," ujar Reza.

Alhasil, kata Reza, sekali lagi ia berpendapat Fanny bukan depresi, melainkan reaksi ala depresi atau reactive depression yang bersifat seketika.

Editor: sanusi
Sumber: Warta Kota
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas