• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 18 April 2014
Tribun Jakarta

Kualitas Dokter, Tentukan Pembayaran Tarif RS

Senin, 3 Juni 2013 12:25 WIB
Kualitas Dokter, Tentukan Pembayaran Tarif RS
Tribunnews.com/Hendra Gunawan
Ilustrasi layanan Askes di rumah sakit Pasar Rebo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wacana penghapusan kelas di rumah sakit terkait sistem tarif Indonesia Case Base Groups (INA-CBG's) terus dievaluasi. Sebab, penerapan sistem tarif tersebut dikhawatirkan berimbas pada kesejahteraan dokter.

Dien Emmawati, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, menjelaskan kemungkinan kelas rumah sakit akan disamaratakan untuk memperhatikan kesejahteraan dokter. "Bisa diarahkan ke sana," ujar Dien di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Senin (3/6/2013).

Lebih lanjut, Dien menambahkan sistem penyamarataan tarif tersebut akan mengarah pada kualitas dokter di rumah sakit itu sendiri.

Dien mencontohkan, rumah sakit kelas C, namun para dokternya memiliki kualitas kelas A, tentunya akan disamakan dengan rumah sakit kualitas A. "Tapi itu regulasinya di Kemenkes, tanya ke bu Menteri," ucap Dien.

Berbeda dengan sistem biasa yang mengenakan biaya per pelayanan (fee for service), sistem ini menggunakan sistem paket yang di dalamnya antara lain termasuk paket laboratorium, paket radiodiagnostik, paket tindakan, dan paket operasi.

Program INA-CBG's sangat bergantung pada diagnosa primer, yang ditentukan tingkat keparahan penyakit. Pembayaran dengan INA-CBG's dikenal dengan tarif per-episode kasus yang ditentukan Kode INA-CBG's.

Pembayaran per-kode INA-CBG's digunakan untuk seluruh komponen pelayanan meliputi pemeriksaan dokter, penunjang diagnostik, obat, dan akomodasi kelas rawat untuk pasien rawat inap.

Biasanya rumah sakit menentukan tarif pelayanan yang beragam. Dengan adanya sistem INA-CBG's rumah sakit mengenakan tarif yang sama pada setiap pelayanan.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: sanusi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1861331 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas