• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribun Jakarta

Empat Lansia Otaki Penipuan Perusahaan Palsu Senilai Rp 1 Miliar

Jumat, 7 Juni 2013 14:24 WIB
Empat Lansia Otaki Penipuan Perusahaan Palsu Senilai Rp 1 Miliar
TRIBUNNEWS.COM/THERESIA FELISIANI
Keempat tersangka lansia tersebut yakni YP (66), S (61), TDT alias SC (61) dan ISP alias L (50) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Subdit Jatanras Polda Metro Jaya berhasil meringkus empat lansia yang terlibat kasus penipuan bermodus membuat PT dan CV palsu lalu membeli barang beromzet Rp 1 miliar.
Keempat tersangka tersebut yakni YP (66), S (61), TDT alias SC (61) dan ISP alias L (50).

Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya, AKBP Helmi Santika mengatakan, modus yang dilakukan para tersangka yakni membuat perusahaan fiktif, menyewa ruko sebagai kantor dan gudang. Lalu membeli barang, saat korban menagih lokasi kantor sudah pindah.

"Mereka ini membuat perusahaan fiktif, CV Surya Karya Perkasa dengan mengontrak kantor dan gudang di sekitar Cengkareng, Jakarta Barat. Lalu membeli barang dari korban, seperti bijih plastik, pakaian anak dan bahan untuk pakaian senilai lebih dari Rp1 miliar yang dikumpulkan di sebuah gudang," ujar Helmi, Jumat (7/6/2013) di Mapolda Metro Jaya, Jakarta.

Untuk membayar korban, tersangka menggunakan bilyet giro dengan pencairan selama sebulan kepada pemilik barang tersebut. Saat jatuh tempo untuk pencairan, ternyata korban tidak dapat mencairkan uang, karena gironya kosong. Korban lalu mendatangi kantor tersangka tapi sudah pindah.

"Bukan hanya menipu korbannya, tersangka ini juga menipu pemilik ruko dan gudang yang disewa. Karena mereka hanya membayar DP untuk sewa satu tahun, belum sampai satu tahun mereka sudah pindah," kata Helmi.

Tak hanya meringkus para tersangka di Sunter dan Depok, polisi juga menyita sejumlah barang bukti berupa potongan pakaian, bijih plastik seberat tujuh ton, pakaian anak-anak, dan surat sewa kantor.

Atas perbuatannya para tersangka dijerat Pasal 378 KUHP tentang penipuan dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2010 mengenai tindak pidana pencucian uang.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Willy Widianto
0 KOMENTAR
1879382 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas