• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 Juli 2014
Tribun Jakarta

Pameran Flora dan Fauna di Lapangan Banteng Sebulan Penuh

Jumat, 7 Juni 2013 11:21 WIB
Pameran Flora dan Fauna di Lapangan Banteng Sebulan Penuh
Warta Kota

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Ahmad Sabran

Tribunnews.com, Jakarta -  Warga DKI Jakarta pehobi tanaman dan hewan peliharaan dapat kembali mendatangi acara tahunan Pameran Flora dan Fauna (Flona) 2013 di Lapangan Banteng, Sawah Besar Jakarta Pusat, mulai Jumat (7/6/2013) ini.

Rencananya Flona akan dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Menurut Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Widyo Dwiyono Pameran Flona akan berlangsung selama 30 hari mulai (7/6/2013) hingga (8/7/2013) dan dibuka pada pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Pameran yang digelar rutin sejak tahun 1984 ini dihelat dalam rangka HUT DKI Jakarta ke 486.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, pameran ini bukan hanya jual beli tanaman, namun juga menjadi ajang silaturahmi komunitas, pecinta tanaman, dan pecinta hewan, dimana 'go green' sudah menjadi gaya hidup warga DKI Jakarta, diharapkan acara ini menjadi oasis bagi para pencinta tanaman dan hewan peliharan. Interaksi antara petani, pemerhati dan pekerja dibidang lingkungan pasti terjadi,” ujarnya.

Pameran Flona 2013 tahun ini mengambil tema Kampung Hijau, sebagai slogan untuk menggugah kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Menurut Widyo, jumlah peserta pameran terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun ini tercatat ada 270 stand yang turut memeriahkan pameran Flona. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2012 yang hanya 260 stand.

Selain para pedagang tanaman dan hewan, Flona juga menghadirkan para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta dan Pemerintah Kabupaten Garut ikut serta dalam pameran ini.

“Kami juga mendatangkan pemerhati lingkungan Ully Sigar Rusady untuk memberikan hiburan bagi pengunjung,” ujarnya.

Acara yang ikut memeriahkan Flona antara lain kontes adhenium, kontes sansivera, kontes anthorium, kontes aglonema, kontes reptile, gathering pecinta musang, dan gathering pencinta landak mini. Juga ada lomba mewarnai hewan, lomba menggambar bunga, sarasehan pecinta tanaman dan klinik konsultasi tanaman.

Gubernur DKI Jakarta Jokowi juga akan memberikan piagam penghargaan kepada pengusaha yang berpartisipasi dalam penataan dan pemeliharaan taman dan jalur hijau Kota Jakarta melalui program CSR.

Jokowi diagendakan juga memberi piala Lomba Taman dan Penghijauan Lingkungan Tingkat Provinsi DKI Jakarta 2012.

Widyo menambahkan pameran Flona tahun ini diharapkan dapat menarik 500.000 pengunjung. Dan dapat menghasilkan transaksi jual beli tanaman lebih dari Rp 1 miliar. Tahun lalu nilai transaksinya sebesar Rp 1 miliar.

Selain menikmati berbagai kontes flora maupun fauna, setiap harinya pengunjung juga dapat menikmati suasana outbound.

Pengunjung Flona tidak dikenakan tiket masuk, atau gratis masuk ke area Flona. Ia menyebutkan pameran flona ini digelar di lahan seluas 3 hektar, atau 60 persen area Lapangan Banteng. Pihaknya juga akan juga akan menyosialisasikan kepada para pengunjung pentingnya membuat lubang biopori dan sumur resapan.

Editor: Gusti Sawabi
Sumber: Warta Kota
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1878592 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas