• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 31 Juli 2014
Tribun Jakarta

Jakarta Timur Raih Piala Adipura 2013

Sabtu, 8 Juni 2013 12:50 WIB
Jakarta Timur Raih Piala Adipura 2013
Piala Adipura

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kota Administrasi Jakarta Timur berhasil meraih Piala Adipura 2013 untuk kategori kota Metropolitan. Penghargaan tertinggi dibidang lingkungan hidup dan kebersihan tersebut, rencananya akan diserahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada puncak acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup, di Istana Negara, Senin (10/6/2013).

Rencananya pula, Walikota Jakarta Timur Krisdianto, akan menerima langsung penghargaan tersebut. Kepastian bahwa Jakarta Timur meraih Piala Adipura 2013 kategori Kota Metropolitan, diungkapkan Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur Andriyansyah, kepada Warta Kota, Sabtu (8/6/2013).

"Untuh tahun 2013 ini, Jakarta Timur berhasil mempertahankan Piala Adipura untuk kategori Kota Metropolitan," kata Andriyansyah.

Menurut Andri, prestasi ini merupakan hasil jerih payah seluruh komponen masyarakat dan aparat mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga Kota.

Prestasi ini, kata Andri, merupakan kebanggan bagi seluruh masyarakat Jakarta Timur karena telah berhasil menjaga kebersihan dan keindahan lingkungannya.

Menurut Andri, Piala Adipura sebenarnya hanya sasaran antara, karena yang terpenting adalah bagaimana, meningkatkan kesadaran dari masyarakat dan menumbuhkan budaya hidup bersih dan sehat.

Hal itu, katanya, merupakan bentuk syukur kita atas nikmat yang telah diberikan Tuhan.
Andri berharap swadaya masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dapat terus ditingkatkan. Menurutnya, masalah sampah yang selalu ada harus mulai dikelola dari hulu atau mulai dari rumah tangga sudah dipilah-pilah sampai pada pembuangan akhir.

Andri berharap masyarakat mau merubah perilaku dalam mengatasi sampah. "Jangan ada lagi yang membuang sampah sembarangan, seperti ke drainase atau saluran air karena dapat merusak lingkungan dan mengakibatkan banjir," kata Andri.

Pada tahun ini, kata Andri, pencapaian Jakarta Timur, berhasil mengungguli kota-kota lainnya di Provinsi DKI Jakarta.

Berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 192 Tahun 2013 tentang Penghargaan Adipura 2013, dari 6 Kota Metropolitan di Indonesia yang meraih Piala Adipura, Jakarta Timur berada di posisi ke 4, setelah Medan, Palembang dan Semarang. Sementara, dibawah Jakarta Timur, berturut-turut Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.

"Pada tahun 2013 ini, Jakarta Timur berhasil meraih peringkat 4 untuk Kategori Kota Metropolitan, naik satu peringkat dibandingkan tahun lalu. Namun untuk Provinsi DKI Jakarta, Kota Jakarta Timur berada pada urutan pertama, disusul dibawahnya Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat," kata Andri.

Rencananya, seusai dari Istana Negara, Piala Adipura akan dibawa ke Balaikota Provinsi DKI Jakarta. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Piala Adipura akan diarak dengan kendaraan hias menuju Kantor Walikota Jakarta Timur.

Editor: Johnson Simanjuntak
Sumber: Warta Kota
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1882491 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas