Lewat Kasus John Weko, Polisi Harus Ungkap Human Trafficking

Kamis, 11 Juli 2013 10:12 WIB

Lewat Kasus John Weko, Polisi Harus Ungkap Human Trafficking
net
Ilustrasi psk pakai obat penggemuk

Laporan Wartakotalive.com, Budi Sam Law Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aksi perampokan dan penyekapan oleh Jimmy Muliku (33) alias John Weko terhadap sedikitnya 9 pekerja seks komersial (PSK), yang berhasil diungkap polisi dapat dijadikan batu loncatan untuk mengungkap kasus kejahatan yang lebih besar. Kejahatan tersebut yaitu human trafficking atau eksploitasi perempuan dengan menjadikan mereka PSK.

Hal tersebut diungkapkan Pakar Psikolog Forensik Reza Indragiri Amriel kepada Warta Kota, Kamis (11/7/2013).

Menurut Reza, dalam dunia kriminal aksi John dengan sasaran targetnya adalah wanita PSK, sebenarnya adalah kejahatan yang tidak istimewa. Sebagai penjahat dengan menyasar target korbannya khusus PSK kelas atas, aksi John tergolong cerdas.

Sebab wanita PSK adalah target lunak dan sangat potensial mengalami viktimisasi. "Memancing PSK datang sangat mudah, propertinya tersedia dan kecil kemungkinan korban yakni wanita PSK itu melapor ke polisi. Sebab para PSK sudah terlabeli sebagai manusia kotor dan biasanya mereka malu untuk lapor polisi," papar Reza.

Aksi John, tambah Reza, jelas adalah pidana karena mengambil sesuatu yang bukan haknya. Namun fakta adanya wanita PSK, lanjut Reza, juga adalah pelanggaran hukum yang seharusnya ditindak atau diungkap polisi.

"Karena dengan menjadi korban tidak lantas membuat para wanita PSK itu akan beralih profesi," ujar Reza.

Halaman
12
Tags
Editor: Sanusi
Sumber: Warta Kota
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help