• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 1 September 2014
Tribun Jakarta

Kios untuk 593 Pedagang Blok G Diundi Hari Ini

Senin, 19 Agustus 2013 04:10 WIB
Kios untuk 593 Pedagang Blok G Diundi Hari Ini
KOMPAS/RODERICK ADRIAN
Warga berjualan di lantai I Blok G, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (12/8/2013). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 593 pedagang akan merebutkan kios di Blok G Tanah Abang, dalam undian yang digelar Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, Senin (19/8/2013) hari ini.

Pengundian hanya untuk pedagang yang telah lolos verifikasi. Setelah proses undian, pedagang bisa menggunakan kios untuk berjualan kembali.

Kepala Dinas KUMKMP DKI Jakarta Ratnaningsih mengatakan, pengundian dilakukan untuk menentukan lokasi kios bagi pedagang.

Sehingga, pedagang tidak menentukan sendiri lokasi kios yang akan ditempati. Itu untuk mengindari adanya kecemburuan antar-pedagang.

"Besok (hari ini) mereka akan kami undi untuk penempatan. Karena jumlah pedagang cukup banyak, tentunya harus diundi," kata Ratna, Minggu (18/8/2013) seperti dikutip Tribunnews.com dari Beritajakarta.com.

Setelah dilakukan verifikasi sejak 12-16 Agustus 2013, jelas Ratna, hanya 593 pedagang yang dinyatakan lolos. Sementara, 176 pedagang sisanya dinyatakan gugur lantaran kelengkapan dokumen serta data yang diserahkan tidak valid.

"Yang berhak mengikuti undian yang telah lolos verifikasi, sebanyak 593 pedagang," ujarnya.

Namun, Ratna mengingatkan kepada pedagang, agar kios yang telah diberikan tidak disewakan atau dijual kembali. Karena, itu merupakan tindak pidana.
Pedagang juga akan melakukan tanda tangan kontrak penggunaan kios mulai 1 September 2013.

"Kalau disewakan kembali, kami laporkan. Kami buat perjanjian tidak boleh dipindahtangankan. Setelah itu kami lakukan pembinaan," jelasnya.

Pedagang akan dikelompokkan dengan sistem klaster. Misalnya, pedagang mukena akan didekatkan dengan pedagang Tasik, pedagang sepatu, dan pedagang baju. Dinas KUMKMP DKI Jakarta juga akan membantu permodalan.

"Nanti dibantu permodalannya. Itu akan kami atur dalam kemitraan," ucapnya.

Sementara, bagi pedagang yang tidak lolos verifikasi, papar Ratna, bisa mengikuti undian tahap kedua, yang digelar mulai 19-23 Agustus 2013. Apalagi, masih ada sisa kios yang belum ditempati. Di tempat baru ini, pedagang akan dibebaskan dari biaya sewa untuk enam bulan pertama.

Selanjutnya, akan dikenakan sewa sesuai harga yang ditetapkan pengelola pasar. Keringanan ini diberikan untuk membantu pedagang pada awal perpindahan. (*)

Editor: Yaspen Martinus
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
2169502 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas