• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribun Jakarta

Jam Tangan Sampai Potong Rambut Masuk Rincian Kenaikan UMP 3,7 Juta

Selasa, 3 September 2013 15:03 WIB
Jam Tangan Sampai Potong Rambut Masuk Rincian Kenaikan UMP 3,7 Juta
Tribunnews.com/Zulfikar
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ratusan buruh yang tergabung dalam Forum Buruh DKI Jakarta, dalam aksinya di depan kantor Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mendesak Pemprov DKI menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI dari Rp2,2 juta menjadi Rp.3,7 juta.

Tidak hanya orasi, buruh yang melakukan aksi pun sampai membuat rincian perhitungan cepat Kebutuhan Hidup Layak mereka untuk meyakinkan Pemprov DKI bahwa UMP DKI saat ini tidak mencukupi kebutuhan dasar buruh.

Berikut rincian perhitungan cepat KHL versi buruh:

1. Perumahan
Sewa rumah (3 petak)/cicilan rumah tipe 36 sebesar Rp750 Ribu. Kemudian perabotan rumah 30 item diantaranya kasur, dipan, sprei, meja, lemari, dispenser, mesin cuci, kipas angin, perlengkapan makan seharga Rp300 ribu. Biaya listrik 900 VA Rp100 ribu dan air PAM untuk keperluan mandi dan rumah tangga Rp100 ribu.

2. Transportasi
Dua kali naik angkutan umum (pulang-pergi) dengan hitungan 2 x Rp3.000 atau Rp12.000. TransJakarta (pulang-pergi) yaitu 2 x Rp3.500 atau Rp7.000, dengan total satu bulan Rp570 ribu.

3. Makanan dan Minuman
Makan pagi (nasi uduk telor) Rp5.000 x 30 hari atau Rp150 ribu. Makan siang (nasi soto) Rp9.000 x 30 hari atau Rp270 ribu. Makan malam (nasi goreng) Rp8.000 x 30 hari atau Rp40 ribu. Buah-buahan Rp100 ribu.

Minuman 1 kali minum teh Rp2.000 x 30 hari atau Rp6.000. 1 kali minum kopi Rp2.500 x 30 hari atau Rp75 ribu. Aqua Rp3.000 x 30 hari atau Rp90 ribu. Susu Rp2.500 x 30 hari atau Rp75 ribu, dengan total Rp300 ribu.

4. Sandang seperti pakaian, celana, kaos, sepatu, kemeja, handuk, perlengkapan ibadan, jam tangan, jam dinding, tas kerja dan lainnya total Rp300 ribu.

5. Pendidikan seperti langganan koran atau tabloid total Rp15 ribu.

6. Kesehatan seperti sabun, pasta gigi, bedak, deodorant, sampo, suplemen obat, potong rabut dan lainnya total Rp150 ribu.

Jika dijumlah dari poin 1 sampai dengan 6, totalnya mencapai Rp3.070.000. Belum lagi ditambah rekerasi dan tabungan atau 3 persen dari total sebesar Rp100 ribu menjadi Rp3.170.000.

Jika menghitung UMP berdasarkan UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, maka UMP atau UMK yang telah dihitung tadi sebesar Rp3.170.000 ditambah dengan KHL rata-rata 4 persen, produktivitas sebesar 6 persen, inflasi 9 persen.

Kemudian, 19 persen dari KHL Rp602 ribu dan KHL ditambah produktivitas pertumbuhan ekonomi dan inflasi ditambah 19 persen KHL, maka total jumlahnya sebesar Rp3.772.000.

Menurut Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikart Pekerja Indonesia (KSPI), M Husni, kebutuhan hidup layak di Jakarta seharusnya sebesar Rp4 juta, sehingga permintaan buruh bahwa UMP dinaikkan sebesar Rp3,7 juta adalah hal yang wajar.

"Permintaan kami dinaikkan menjadi 3,7 juta itu adalah hal yang logis," ucap M Husni.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak
8 KOMENTAR
2240022 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • mekar-Rabu, 20 November 2013 Laporkan
    Byuuuuuh......permintaanya,,,,di atas angin.....pegawai honorer di sebuah SD Ja cuma 300rb/bln,,tp kog gak demo ya,, tetep bersyukur,krn masih Ada tempat bekerja....
  • achmad77-Rabu, 23 Oktober 2013 Laporkan
    jangan kebanyakan mimpi boss.....pada kenyataannya yang sekarang aja masih banyak yang punya penghasilan cuma dibawah Rp. 1 juta/bulan...coba aja di cek lagi. Sopir angkot dapat Rp. 50 ribu/hari aja sudah beruntung, karena macet dimana2 dan penumpang sudah beralih ke motor. Pedagang asongan juga sama, sehari rata2 Rp. 50.000. Pegawai Honorer aja yang S1 cuma dapat Rp. 1 juta an per bulan. pekerja konveksi juga Rp. 50.000 per hari.......jangan yang diperjuangkan rakyat menengah ke atas boss....yang dibawah juga tolong diperhatiin...UMR NAIK, SEMUA HARGA NAIK!!
  • Izuna-Minggu, 20 Oktober 2013 Laporkan
    Itu mengharapkan durian runtuh.kalo dibayar pake uang kertas fotocopy an,bole lah gaji naik lagi.bagusan jadi buruh daripada pengusaha...pendemo blo'on.satu lagi.
  • jajat sudrajat-Kamis, 5 September 2013 Laporkan
    roko sebungkus 12rb tambah anggur kolesom 1botol 35rb.
    total 47rbx30hri belum dihitung.trs anggaran refresing ke kalijodo sbulan 1x 250rb blm masuk itungan
  • john lenon-Rabu, 4 September 2013 Laporkan
    layak/tidak atau cukup/tdk tergantung orangnya, kl bersyukur mah bisa dicukupkan, kl ga bersyukur ya ga bklan pernah cukup. Itu motor2nya yg demo kayaknya bagus2 tuh... Coba tanya pns gaji berapa? cb tanya honorer, banyak yg sarjana lho.... usul buat peng
  • fajar-Selasa, 3 September 2013 Laporkan
    bagi saya seorang buruh juga, tidak penting itu UMP or UMR yang penting adalah bagaimana saya memiliki penghasilan diatas UMP/UMR dengan berprestasi sehingga menduduki jabatan yang upahnya jauh diatas UMP/UMR.....sehingga mikirnya gimana saya bisa berpres
  • syahrial-Selasa, 3 September 2013 Laporkan
    Semua orang butuh kehidupan yang layak, tapi menurut hemat saya keinginan buruh sudah berlebihan, untuk saat ini perusahaan bisa bertahan menjalankan usahanya saja itu sudah sangat baik, jika beban gaji sudah 3,7 juta perbulan perorang alamat PHK besar-be
  • ayuwidyastuti-Selasa, 3 September 2013 Laporkan
    gila bener anggarannya,...dahsyat,.......ada yg lupa tuuuh,...pembalut sama pampers anak belom di cantumin,.....biar komplit,..heeeeeeeeeeeee
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas