Bertuahnya Ajakan Makan Siang Jokowi

Ruangan di sebelah kiri gedung utama Balai Kota, yang ukurannya sekitar 30x40 meter, menjadi tempat 'keramat' Jokowi.

Bertuahnya Ajakan Makan Siang Jokowi
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau kios pedagang, usai meresmikan Pasar Blok G Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2013). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ruangan di sebelah kiri gedung utama Balai Kota, yang ukurannya sekitar 30x40 meter, menjadi tempat 'keramat' Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).

Bagaimana tidak? Setiap warga yang diundang, sebagian besar keluar ruangan dengan mengatakan 'Ya'.

Banyaknya persoalan yang tidak bisa diselesaikan di lapangan, membuat Jokowi harus mengundang warga di lingkaran persoalan, untuk masuk ke dalam ruangan 'keramat' tersebut.

Tempo hari, ketika waduk Pluit, Jakarta Utara mulai dinormalisasi, banyak warga yang menolak. Namun, ketika diajak masuk ke ruangan itu dua kali saat siang hari, belasan warga keluar sambil mengungkapkan setuju bila direlokasi ke rumah susun.

Begitu juga warga Waduk Ria Rio, Jakarta Timur dan pedagang kaki lima pasar Blok G Tanah Abang, Jakarta Pusat. Setali tiga uang, mereka keluar dengan sikap menerima masukan dari pria yang gemar 'blusukan'.

Jika dilihat ke dalam, ruangan tersebut memiliki cat berwarna krem, dan dilapisi kayu di keempat sudutnya. Di sisi kiri ruangan, ada jendela dengan kaca buram.

Di tengah ruangan ada meja bundar dari kayu yang dilapisi cat cokelat, berdiameter kurang lebih 3-5 meter. Lalu, apa yang membuat warga yang keras, ketika masuk ke ruangan ini menjadi lunak hatinya? Jawabannya, terletak pada apa yang disajikan Jokowi.

Terhitung, sudah enam kali dalam setahun, Jokowi mengajak warga makan siang bersama di kantornya. Februari lalu, warga Waduk Pluit menjadi teman makan siangnya.

Kemudian, warga Petukangan sebanyak dua kali di Bulan April, pemilik Metromini di Bulan Agustus, warga waduk Ria Rio pada September, dan PKL Pasar Tanah Abang di Bulan September.

Heru Budi Hartono, Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri Pemprov DKI Jakarta, adalah pejabat yang senantiasa menemani Jokowi saat menjamu warga untuk makan siang.

Halaman
12
Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Yaspen Martinus
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved