• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 3 September 2014
Tribun Jakarta

Ahok: Sodetan Ciliwung-Cisadane Untungkan Tangerang

Jumat, 20 Desember 2013 16:01 WIB
Ahok: Sodetan Ciliwung-Cisadane Untungkan Tangerang
KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Pembangunan perumahan di pinggir Kali Cisadane, Tangerang Selatan, Minggu (27/1/2013). Tanpa perencanaan dan analisis matang maraknya pembangunan perumahan di pinggir sungai bisa membahayakan perumahan itu sendiri maupun fungsi bantaran sungai sebagai ruang terbuka hijau dan daerah resapan air. KOMPAS/HERU SRI KUMORO

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan pembangunan sodetan Kali Ciliwung dan Cisadane nantinya juga akan menguntungkan Kota Tangerang, Banten terkait suplai air baku.

"Jadi nanti Tangerang diuntungkan. Dia dapat air cukup, dia jual ke Jakarta, dia dapat duitlah dari Palyja," ujar Basuki atau Ahok di Balai Kota, Jakarta, Jumat (20/12/2013).

Ahok menjelaskan, keuntungan yang didapat oleh Tangerang melalui sodetan Ciliwung dan Cisadane ini lantaran nantinya Sungai Cisadane yang kini mulai menipis airnya akan teraliri lagi.

"Sekarang nih, Sungai Cisadane sering kering. Pertumbuhan penduduk semakin banyak. Jadi juga kesulitan masalah air minum. Kami berpikir kenapa tidak membuat sodetan lagi, dari Kali Ciliwung ke Cisadane. Makanya Cisadane akan memiliki cukup air untuk Tangerang," ucap Ahok.

Mantan Bupati Belitung Timur ini juga mengapresiasi langkah Kementerian Pekerjaan Umum (PU) yang akan membangun sodetan kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) yang kontrak kerjanya yelah ditandatangani kemarin.

"Jadi sodetan dari PU sudah bagus, bisa 60 meter kubik per detik," kata Ahok.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
2690362 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas