Operasi Pemberantasan Pungli

Ada Duit Rp 97 Juta Saat 4 Oknum Reserse Usai Memeras Pelaku Kasus Narkoba

Sekitar pukul 19.00 WIB, setelah memastikan informasi yang diterimanya akurat, para anggota Propam itu segera melakukan penggerebekan.

Ada Duit Rp 97 Juta Saat 4 Oknum Reserse Usai Memeras Pelaku Kasus Narkoba
dkm
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Sejumlah aparat Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya bertindak seperti reserse. Mereka menyamar dan mengintai Kantor Polsek Metro Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2016).

Sekitar pukul 19.00 WIB, setelah memastikan informasi yang diterimanya akurat, para anggota Propam itu segera melakukan penggerebekan.

Hasilnya, aparat Propam menemukan menemukan uang Rp 97 juta di meja kerja penyidik Polsektro Gambir.

"Kami menggeledah ruangan. Kami menemukan uang di meja kerja mereka," ujar Kepala Sub-Direktorat Pengamanan Internal (Subdit Paminal) Bidang Propam Polda Metro Jaya, AKBP Risto Samudra, kantornya, Rabu (19/10).

Risto menjelaskan, sebanyak empat anggota reserse Polsektro Gambir ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) itu. Mereka terdiri atas Iptu S dan tiga anak buahnya yakni Aiptu T, Aipda EB, dan Brigadir R.

Keempat anggota Unit Reserse dan Kriminal Polsektro Gambir itu diduga memeras Anto, pelaku penyalahgunaan narkoba. Mereka meminta uang hingga Rp 300 juta agar Anto bebas dan proses hukumnya tidak dilanjutkan.

Risto juga menemukan fakta bahwa Iptu S tidak memiliki surat perintah penyelidikan. "Tak ada surat perintah penyelidikan, saya sudah bongkar-bongkar ruangannya," ungkap Risto.

Padahal, kata Risto, apapun yang akan dilakukan oleh penyidik harus sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan anggota reserse di lapangan segera melapor ke atasannya.

Risto menduga Kapolsek Gambir, AKBP Ida Ketut, teledor dalam memastikan anak buahnya menjalankan SOP. "Ini berarti teledor, soalnya tak menjalankan SOP nya yang benar," tambahnya.

Risto menjelaskan, penggerebekan di Mapolsek Gambir bermula dari informasi yang diterima Bidang Propam Polda Metro Jaya tentang dugaan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan anggota reserse Polsektro Gambir. Anggota Propam kemudian melakukan penyelidikan hingga akhirnya melakukan OTT.

Halaman
123
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2016
About Us
Help