Pilgub DKI Jakarta

Anies-Sandi akan Murahkan Tiket Masuk Ancol

Menurut Anies pihaknya sedang mengkaji teknis warga bagaiman warga di Utara jakarta memiliki kemudahan masuk Ancol

Anies-Sandi akan Murahkan Tiket Masuk Ancol
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) bersama Pasangan Cagub Cawagub DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri), Sandiaga Uno (kanan) pada Rapat Kader Partai Gerindra di JIExpo, Jakarta, Minggu (8/1/2017). Rapat kader tersebut dalam rangka memanaskan mesin partai di Jakarta untuk siap memenangkan pasangan calon nomor urut 3 Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Pilkada 2017 serta memenangkan Pilpres 2019. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Dalam kampanye bersama di Gor Sunter, Jakarta Utara, Rabu (1/1/2017). Pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga uno berjanji akan memurahkan biaya masuk kawasan wisata Ancol, Jakarta. Sekarang ini warga Jakarta Utara yang tergolong wilayah pesisir justru tidak memilki akses untuk menikmati pantai di Jakarta.

"Rasanya enggak adil kalau akses ke pantai justru tidak dimiliki oleh mereka yang sejarahnya turun temurun hidup di dekat pantai‎," kata Anies.

Menurut Anies ‎janji untuk menekan biaya retribusi kawasan wisata Ancol yang dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) muncul setalah dirinya kampanye di Pademangan, Jakarta Utara. Warga Pademangan mengeluhkan mahalnya biaya retribusi. Sehingga menurut Anies meskipun lokasinya berdekatan sebagaian besar warga Pademangn belum pernah masuk ke lokasi wisata Ancol.

"Mereka ingin masuk Ancol, padahal tempat tinggalnya berada di seberang Ancol," kata Anies.

Menurut Anies pihaknya sedang mengkaji teknis warga bagaiman warga di Utara jakarta memiliki kemudahan masuk Ancol, apakah melalui kartu bebas masuk seminggu sekali atau menurunkan harga biaya tiket yang ada sekarang..

‎"Apakah nanti dengan pola freepas yang bisa dipakai dengan identitas, nanti teknisnya kita susulkan. Tapi prinsipnya adalah jangan sampai warga di sekitar pantai enggak bisa lihat pantai," katanya.

Berdasarkan laman resmi Ancol.com, harga tiket masuk Ancol sekarang yakni Rp 25 ribu/orang. Jika menggunakan kendaraan maka akan dipungut biaya parkir sebesar RP 15 ribu‎ untuk kendaraan roda dua, dan Rp 25 ribu untuk mobil. Biaya tersebut belum termasuk memasuki wahana-wahan yang ada di sekitar Ancol.

Hal senada diungkapkan Cawagub Sandiaga Uno. Menurutnya bila terpilih dalam Pilkada DKI nantinya ia akan mencari cara untuk menurunkan biaya retribusi masuk area wisata Ancol.

"Kita akan cari caranya nanti, harga masuk bisa murah, tapi tanpa mengurangi sisi komersialnya," kata Sandi.

Namun disamping itu menurut Sandi, pihaknya nanti akan mencoba membangun wilayah pantai di Jakarta untuk area wisata. Itu dilakukan agar masyarakat yang ingin merasakan suasana pantai tidak bertumpuk di Ancol.

‎"Kita akan kerja sama dengan pemilik pantai yang ada dan kita menghadirkan pantai-pantai lain seperti Ancol," pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help