6 Warga Ini Tertangkap Basah Minta Uang kepada Wisatawan di Pulau Pari

Polisi melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap masyarakat yang melakukan pungutan liar (pungli) di Pulau Pari, Kepulauan Seribu.

6 Warga Ini Tertangkap Basah Minta Uang kepada Wisatawan di Pulau Pari
Tribunnews
Ilustrasi pungli 

TRIBUNNEWS.COM, KEPULAUAN SERIBU - Polres Kepulauan Seribu melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap masyarakat yang melakukan pungutan liar (pungli) di Pulau Pari, Kepulauan Seribu.

Dari OTT tersebut polisi mengamankan enam orang warga Pulau Pari.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, keenam orang tersebut bernama Mustagfiri alias Boby, Bahrudin alias Edo, Irwan, Syahril, Subhan Nawawi, dan Mastono alias Tono.

Ia mengatakan, OTT itu dilakukan setelah pihak kepolisian mendapatkan laporan dari warga bahwa ada pungli di Pantai Perawan, Pulau Pari terhadap pengunjung.

Aparat Polres Kepulauan Seribu dipimpin Kasat Reskrim AKP Kresno Wisnu Putranto kemudian melakukan pengintaian pada Sabtu (11/3/2017).

"Hasil pengamatan bahwa benar di depan gerbang masuk Pantai Perawan terdapat lima orang yang meminta uang bagi pengunjung yang akan masuk ke pantai," kata Argo kepada Kompas.com, Sabtu.

Argo menambahkan, enam orang tersebut meminta uang kepada pengunjung Pantai Perawan sebanyak Rp 15.000 bagi pengunjung yang camping dan Rp 5.000 bagi pengunjung yang tidak menginap.

Seharusnya pengunjung tidak dikenakan biaya ketika datang ke pantai tersebut.

"Tim langsung melakukan OTT terhadap oknum masyarakat tersebut dan dari tangannya ditemukan uang hasil pungutan kepada pengunjung senilai Rp 945.000, sejumlah tiket masuk dan buku daftar tamu," kata dia.

Keenam orang yang diduga melakukan pungutan liar dibawa ke Mako Polres Kepulauan Seribu untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dari tangan mereka polisi menemukan barang bukti lain berupa uang tiga bundel tiket masuk yang sudah terpakai, stample serta bak stample, tiga buah buku daftar tamu, satu unit HP Samsung S5 warna hitam, satu unit HP Samsung warna putih, satu unit HP Oppo A37 warna putih dan satu unit HP Samsung V warna putih.
 

Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help