Air Mancur Pesona Monas Kembali Beroperasi

Lewat Air Mancur Pesona Monas yang kembali beroperasi, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat ingin Indonesia bisa bersatu.

Air Mancur Pesona Monas Kembali Beroperasi
Ruth Vania C
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lewat Air Mancur Pesona Monas yang kembali beroperasi, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat ingin Indonesia bisa bersatu.

Djarot meresmikan beroperasinya kembali air mancur yang dulunya menjadi hiburan ikonik Monumen Nasional (Monas) itu, Sabtu (12/8/2017).

Bersama Dirjen Otonomi Daerah Soemarsono, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah, dan perwakilan dari Coca Cola Indonesia, Djarot menekan tombol pengoperasian air mancur tersebut.

Pengunjung Monas langsung disuguhi penampilan air mancur yang 'menari', seakan mengikuti lagu-lagu nasional dan daerah yang mengiringinya.

Dalam kata sambutannya, Djarot menekankan bahwa Monas adalah lambang persatuan Indonesia dan seharusnya dapat terus mempersatukan negara ini.

"Yang datang ke Monas ini adalah berbagai macam warga Indonesia. Bukan hanya yang ada di Jakarta, tapi juga di seluruh Indonesia," tutur Djarot, yang mengenakan kaos berwarna merah.

"Tiada mengenal apa agamanya, apa sukunya, apa latar belakangnya, semua bisa menikmati kemegahan dan keindahan Monumen Nasional," katanya lagi, disambut riuh tepuk tangan.

Air Mancur Pesona Monas diresmikan pada 2005, di lokasi air mancur yang sebelumnya pernah dibangun masa pemerintahan Gubernur Ali Sadikin pada 1974.

Pembangunannya dilakukan berdasarkan masterplan Rencana Tapak dan Pedoman Pembangunan Fisik Taman Medan Merdeka, sesuai SK Gubernur DKI Jakarta No. 792 Tahun 1997.

Namun, pengoperasian Air Mancur Pesona Monas sempat dihentikan pada 2009, sebelum akhirnya dioperasikan kembali pada 2017 ini.

Air Mancur Pesona Monas akan beroperasi tiap Sabtu dan Minggu pukul 19.30 WIB dan 20.30 WIB, yang akan menyuguhkan penampilan gratis berdurasi 30 menit.

Penampilan air mancur diiringi oleh berbagai lagu nasional dan daerah, yang diaransemen oleh musisi Addie MS dan diproduksi oleh Garuda Indonesia.

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help