KCI Belum Bisa Menambah Perjalanan KRL Jakarta-Cikarang

Beroperasinya Kereta Rel Listrik (KRL) Jakartakota-Cikarang sejak 8 Oktober 2017 lalu disambut antusias yang tinggi dari masyarakat.

KCI Belum Bisa Menambah Perjalanan KRL Jakarta-Cikarang
youtube
Stasiun Cikarang 

Laporan Wartawan Tribunneews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Beroperasinya Kereta Rel Listrik (KRL) Jakartakota-Cikarang sejak 8 Oktober 2017 lalu disambut antusias yang tinggi dari masyarakat.

Hal tersebut juga menimbulkan tingginya permintaan masyarakat kepada PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk menaikan jumlah perjalanan kereta.

Namun saat ini pihak KCI belum dapat mewujudkan keinginan masyarakat pasalnya jalur yang digunakan ke Cikarang saat ini bersamaan dengan jalur yang digunakan kereta antar kota.

Dengan kondisi tersebut maka tentu saja KRL harus berjalan bergantian maupun ada penyusulan dengan kereta antarkota.

"Pengaturan operasional KRL antara lain persilangan dan penyusulan dengan kereta antarkota tidak dapat dihindari. Hal ini juga yang membuat perjalanan KRL lintas Cikarang – Bekasi – Jakartakota belum dapat ditambah secara signifikan dari yang ada saat ini yaitu 32 perjalanan," jelas Direktur Utama PT KCI Muhammad Nurul Fadhila melalui keterangan resminya, Kamis (12/10/2017).

KCI pun akan segera memisahkan jalur kereta antar kota dan KRL yang bekerjasama dengan Satuan Kerja Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan dengan pembangunan jalur kereta dwiganda (double double track).

Setelah pekerjaan ini selesai, maka akan ada pemisahan jalur antara komuter dengan kereta jarak jauh di lintas Bekasi – Manggarai.

"Bahkan akan lebih baik jika jalur dwi ganda tersebut dapat dilanjutkan hingga Cikarang sehingga permasalahan klasik persilangan antara KRL dan kereta antarkota dapat diselesaikan. Selanjutnya perjalanan KRL dapat dimaksimalkan untuk penambahan perjalanannya," ucap Fadhil.

Pihak KCI juga meminta para pengguna dari Stasiun Bekasi agar tidak kekhawatiran terjadinya kepadatan di KRL, karena dari162 perjalanan lintas Bekasi Jakaratakota dan sebaliknya hanya 16 perjalanan yang dilanjutkan hingga Cikarang.

Pengguna yang beraktifitas di Stasiun Bekasi masih dapat memilih sekitar 65 jadwal perjalanan krl lainnya yang mengawali keberangkatan dari Stasiun Bekasi tujuan Jakartakota.

Dengan kondisi tersebut PT KCI menghimbau para pengguna di lintas Cikarang – Bekasi - Jakartakota PP agar menyesuaikan pilihan jadwal perjalanannya serta mendukung percepatan proyek double double track ini, yang telah mulai masuk ke sejumlah area stasiun di lintas Bekasi. 

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help