Tak Perlu Antre, Warga Bogor Bisa Bikin Paspor Via Aplikasi Whatsapp

Menurut Ujang, pemohon pembuatan paspor bisa menggunakan aplikasi WhatsApp.

Tak Perlu Antre, Warga Bogor Bisa Bikin Paspor Via Aplikasi Whatsapp
TRIBUNNEWS BOGOR
Pembuatan paspor di kantor Imigrasi Kelas I Bogor 

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Kini warga Kota Bogor tidak perlu lagi datang pagi buta untuk membuat paspor di kantor Imigrasi Kelas 1 Bogor.

Kepala Seksi Lalulintas Keimigrasian (Lantaskim) Kota Bogor, Ujang Cahya berujar pihaknya telah mengembangkan inovasi untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan paspor.

Menurut Ujang, pemohon pembuatan paspor bisa menggunakan aplikasi WhatsApp.

Hingga saat ini sebagian warga sudah mulai menggunakan aplikasi WhatsApp dan Anjungan Paspor Mandiri (APM) untuk permohonan paspor baru. Tercatat, dalam satu harinya ada 150 lebih pemohon.

"Kebetulan di Bogor ini kami melayani cukup lumayan banyak dari 150 hingga 250 pemohon pembuatan Paspor perharinya maka dari itu kita gunakan aplikasi WhatsApp," kata Ujang, Kamis (12/10/2017).

Penggunaan aplikasi Whatsapp membuat pemohon tak perlu lagi antre menunggu giliran mengurus pembuatan paspor.

"Bisa dilihat, sekarang ini kantor imigrasi terlihat lengang, aktivitas yang bisanya sibuk serta membludak kini sepi, para pemohon bisa leluasa, tidak tersita dari segi waktu diakibatkan menunggu terlalu lama hingga berjam-jam hanya karena ingin mengurus pembuatan paspor," ujarnya.

Baca: DPR Mulai Ikut Tangani Kasus Kepailitan First Travel

Baca: Dianggap Makelar, APTRI Enggan Jual Gula Produksinya ke Bulog

Dia menambahkan, dengan aplikasi Whatsapp di smartphone, setelah permohonan paspor disetujui melalui aplikasi WhatsApp, pemohon paling lama hanya 10 sampai dengan15 menit berada di kantor Imigrasi untuk langsung diproses paspornya sampai mendapatkan barkode pembayaran paspor ke bank.

Untuk pengambilan paspornya hanya dibutuhkan trempo tiga hari sejak pembayaran dilakukan.

Reporter: Lingga Arvian Nugroho

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help