Sandiaga Klaim Jakarta Siap Jadi Resilient City

"(Konsep ini adalah) aspek yang holistik, bukan hanya ekologi tapi juga konsep-konsep lain secara menyeluruh dan komprehensif," kata dia.

Sandiaga Klaim Jakarta Siap Jadi Resilient City
Rina Ayu/Tribunnews.com
Wagub Sandiaga Salahuddin Uno di Balai Kota, Jumat (3/11/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menghadiri Civil Engineering National Summit Universitas Indonesia (CENS UI) ke-15 yang bertempat di Birawa Assembly Hall, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (15/11/2017) siang.

Kegiatan ini merupakan rangkaian seminar akademis dari ikatan mahasiswa teknik sipil UI yang pada tahun ini mengangkat tema "Resilient City: Developing Urban Transportation System" (Kota Yang Berketahanan: Mengembangkan Sistem Transportasi Kota).

"Saya dari Pemprov menyambut baik dan mengapresiasi CANS UI yang ke lima belas. Saya ingin menambah wawasan di sini dari para ahlinya," ujar Wagub seperti keterangan pers tertulis Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Pemprov DKI Jakarta kepada Tribunnews, Selasa (14/11/2017).

Wagub juga menegaskan kota Jakarta siap dan mendukung penerapan konsep resilient city di masa depan. Ia berharap hasil seminar CENS UI dapat menajdi sarana mendidik masyarakat agar siap siaga atas resiko ketahanan ibukota.

Wagub kemudian menyebut tema Resilient City dapat diartikan kota tangguh dan konsep baik yang berkaitan dengan pembangunan sistem transportasi ibukota.

"(Konsep ini adalah) aspek yang holistik, bukan hanya ekologi tapi juga konsep-konsep lain secara menyeluruh dan komprehensif," kata dia.

Wagub kemudian mengungkapkan teori angsa hitam untuk menjelaskan berbagai faktor yang bisa saja terjadi dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Teori ini diperlukan dalam menjaring ide-ide segar dalam menyusun solusi atas permasalahan di kota.

"Ancaman yang muncul bisa jadi out of the box. Kita harus menyiapkan keadaan dan solusi yang sebelumnya tidak terpikirkan. Saya sambut baik pikiran-pikiran yang sudah dipikirkan dan disampaikan adik-adik kita," katanya.

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help