Banjir Jakarta

Anies Baswedan: Saya Bertanggung Jawab atas Banjir Kemarin

Anies Baswedan mengaku bertanggung jawab atas kejadian banjir yang menggenangi beberapa wilayah di DKI Jakarta,

Anies Baswedan: Saya Bertanggung Jawab atas Banjir Kemarin
Rina Ayu
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku bertanggung jawab atas kejadian banjir yang menggenangi beberapa wilayah di DKI Jakarta, pada Senin (11/12/2017).

Saat ditemui di Pendopo Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Anies mengatakan akan menginstruksikan pihak terkait soal penanganan banjir.

Baca: Anies Nyemplung ke Derasnya Banjir di Jatipadang, Ini Videonya

"Saya akan bertanggungjawab atas kejadian yang kemarin. Ini tanggungjawab saya dan saya akan instruksikan apa yang menjadi amanat dari saya untuk memastikan sampai ke ujung paling bawah semuanya akan bertanggung jawab," kata Anies di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2017).

Ia pun menjelaskan, sesuai laporan yang ia terima pada pagi hari ini telah ada pengerjaan tanggul di wilayah Jatipadang, Jakarta Selatan.

Baca: Suriah Sudah Bebas dari ISIS, Presiden Putin Pulangkan Pasukan

"Pagi ini proses konstruksi pengerjaan tanggul itu dilakukan. Saya pantau terus, jadi kita posisinya siaga untuk memastikan semua efek dari kejadian kemarin dan tanggul yang jebol, itu menjadi bahan untuk memperbaiki kesiagaan kita," ujar Anies.

Lebih lanjut, ujar Anies khusus untuk tanggul di Jatipadang, Anies mengatakan akan mengganti karung pasir di sisi tanggul dengan beton.

"Instruksinya akan diganti dengan beton. Pokoknya sekarang, jangka pendek akan mengamankan. Jangan terjadi limpahan lagi, jangan terjadi banjir lagi," ucap Anies.

Sebelumnya, Anies juga telah meninjau langsung beberapa wilayah yang tergenang air, salah satunya di terowongan Dukuh Atas, pada Senin (11/12/2017) kemaren.

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah di Ibu Kota pada Senin (11/12/2017) menyebabkan genangan dan banjir di mana-mana. Sejumlah jalan protokol yang biasanya bebas banjir, kemarin tak luput dari genangan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta merekap data genangan di Jakarta pada Senin kemarin. Dari lima wilayah kota, daerah yang paling banyak tergenang adalah Jakarta Selatan.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help