100 Hari Anies-Sandi dan Realisasi Program Rumah DP 0 Persen

Meski demikian, Anies menyatakan, pihaknya telah memiliki skema pembangunan yang matang dan memiliki dasar hukum yang kuat.

100 Hari Anies-Sandi dan Realisasi Program Rumah DP 0 Persen
Tribunnews/JEPRIMA
Sejumlah warga mulai mendatangi lahan yang akan dibangun Rumah Susun (Rusun) Klapa Village, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (20/1/2018). Pemprov DKI meluncurkan program rumah down payment (DP) 0 rupiah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) agar memiliki hunian di Ibu Kota tahap yang rencananya Pemprov DKI akan membangun satu menara 20 lantai yang terdiri atas 703 unit. Rusunami tersebut terdiri atas 513 unit tipe 36 meter persegi (m2) dan 190 unit tipe 21 m2. Harga tipe 36 yang terdiri atas dua kamar ditetapkan Rp 320 juta dan tipe 21 terdiri satu kamar dijual Rp 185 juta. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyediaan rumah murah untuk warga Ibu Kota yang terangkum dalam program rumah DP 0 persen merupakan salah satu janji kampanye ketika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno, masih mengikuti proses Pilkada DKI 2017.

Program ini merupakan salah satu janji kampanye yang menjadi sorotan warga Jakarta.

Pada laman resmi Anies-Sandi, www.jakartamajubersama.com, disebut bahwa baru 51 persen penduduk Jakarta yang memiliki hunian, baik rumah tapak maupun vertikal. Sementara sisanya merupakan kalangan masyarakat miskin yang belum punya hunian sendiri.

Anies dan Sandi kerap mendapatkan kritik terkait konsep pembangunan rumah DP Rp 0 ini. Berbagai pihak menganggap langkah Anies-Sandi sulit direalisasikan dan melanggar aturan.

Baca: Sandiaga Incar Cilincing untuk Proyek Rumah DP 0 Rupiah, Ini Kata Lurah

Contoh penataan ruang tamu rumah DP 0 rupiah tipe 36.(Dokumen Pemprov DKI).
Contoh penataan ruang tamu rumah DP 0 rupiah tipe 36.(Dokumen Pemprov DKI). ()

Meski demikian, Anies menyatakan, pihaknya telah memiliki skema pembangunan yang matang dan memiliki dasar hukum yang kuat.

Menurut Anies, program ini berpijak pada Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/16/PBI/2016 yang menyatakan bahwa program rumah tersebut dapat dilakukan sepanjang didukung dengan dokumen yang menyatakan bahwa kredit atau pembiayaan tersebut merupakan program perumahan pemerintah pusat dan/atau pemerintah daerah dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan peraturan perundang-undangan terkait yang berlaku.

Mulai terealisasi

Kamis, 18 Januari 2018, menjadi tanggal cantik yang dipilih untuk groundbreaking atau peletakan batu pertama sebagai langkah awal realisasi program rumah DP Rp 0 oleh Gubernur Anies.

Acara groundbreaking dilakukan di kawasan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, sebagai lokasi pertama pembangunan bangunan dengan konsep rumah vertikal tersebut. Sesuai nama daerahnya, proyek pertama rumah DP Rp 0 tersebut diberi nama Klapa Village.

Halaman
123
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help