Relawan Hanura Gelar Baksos Bagikan Alat Tulis dan Makanan di Pemukiman Kumuh Ibukota

Dalam kegitan tersebut, ratusan bingkisan berupa alat tulis dan makanan dibagikan kepada warga.

Relawan Hanura Gelar Baksos Bagikan Alat Tulis dan Makanan di Pemukiman Kumuh Ibukota
HO/Tribunnews.com
Kegiatan bakti sosial (baksos) digelar Relawan Hanura, 13 di pemukiman pemulung di Tanah Merah, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (13/3/2018). Ratusan bingkisan berupa alat tulis dan makanan dibagikan kepada warga.  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Relawan Hanura 13 menggelar bakti sosial (Baksos) di pemukiman pemulung di Tanah Merah, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (13/3/2018).

Dalam kegitan tersebut, ratusan bingkisan berupa alat tulis dan makanan dibagikan kepada warga. 

Ketua RH13, C Suhadi, mengatakan baksos digelar guna sedikit meringankan beban hidup warga yang tinggal di pemukiman kumuh. 

"Yang kami sasar ialah orang atau warga yang belum terjangkau bantuan dari pihak manapun," ujar Suhadi dalam keterangan tertulis, Rabu (14/3/2018). 

Disebutkan, survei dilakukan sebelum kegiatan baksos agar menentukan lokasi yang tepat.

Selain tinggal di hunian kumuh dan miskin (kumis) yang tak terjangkau bantuan pemerintah maupun swasta, tempat yang disasar ialah yang banyak anak-anak serta orang tua.

Suhadi menilai mereka lah yang dinilai paling membutuhkan bantuan.

"Kita usung tema 'Dari Kita untuk Kita' karena kita meyakini apa yang kita berikan berasal dari Tuhan untuk diberikan ke sesama yang membutuhkan. Ini hanya titipan," katanya.

Pada Baksos kali ini, RH13 menyerahkan bingkisan setidaknya 100 buah. Antara lain berisi makanan seperti roti, susu dan minuman lain, alat tulis yakni buku pensil serta lainnya. 

"Atas nama RH13, ini memang yang pertama kali, tapi sebelumnya sering juga kita gelar kegiatan serupa," jelas Suhadi.

Rencananya kegiatan sejenis akan terus digelar baik di Ibu Kota dan sekitar, maupun tingkat nasional. Paling tidak, baksos dilaksanakan satu bulan sekali setiap tanggal 13.

Suhadi menegaskan bantuan yang diberikan merupakan hasil urunan seluruh pihak yang tergabung dalam RH13.

Pasalnya meski menggunakan nama dan nomor urut Hanura, sukarelawan ini tak langsung berafiliasi secara struktural. Karena itu tak ada uang partai yang digunakan. 

"Ini dananya murni dari relawan yang sedikit menyisihkan rejekinya. Rencananya jika mendapatkan atensi yang baik, kami akan mengadakan kegiatan serupa setiap bulan di tanggal 13. Bahkan jika perlu bukan hanya tanggal 13 saja, karena niat kita adalah untuk membantu orang yang benar-benar membutuhkan," kata pengacara senior itu.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help