DPRD DKI Harap Anies Bisa Tindaklanjuti Keinginan Jokowi Revitalisasi Sungai Ciliwung

"Sampai sekarang ini ada Rp 6 Triliun lebih masih menggantung, dianggarkan itu. Makanya kami sampai desak semua SKPD supaya serap sisanya," katanya

DPRD DKI Harap Anies Bisa Tindaklanjuti Keinginan Jokowi Revitalisasi Sungai Ciliwung
Tribunnews.com/Yanuar Nurcholis Majid
Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menyambut positif keinginan Presiden Joko Widodo yang ingin 'menyulap' wajah Sungai Ciliwung seperti sungai Cheyonggyecheon di Seoul Korea Selatan.

Ketua Frasksi Nasdem DPRD DKI, Bestari Barus mengatakan, DKI mampu menerapkan hal itu. Anggaran Pemerintah Daerah (Pemda) DKI diyakini cukup untuk merevitalisasi Sungai Ciliwung itu.

Baca: Jokowi Inginkan Kali Ciliwung di Masa Depan Sebersih Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan

"Saya kira apa yang disampaikan pak Jokowi positif ya untuk diterapkan di DKI dan anggaran di DKI itu kan gede. Sampai sekarang ini ada Rp 6 Triliun lebih masih menggantung, dianggarkan itu. Makanya kami sampai desak semua SKPD supaya serap sisanya," kata Bestari saat ditemui di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis (13/9/2018).

Bestari menyebut pernyataan Jokowi ini bisa segera ditanggapi oleh pemerintahan terkait, yakni Gubernur DKI Anies Baswedan.

Dirinya lantas mengimbau Gubernur DKI agar dapat mengundang pejabat Korea Selatan bertandang ke Jakarta untuk bertukar pikiran soal penanganan Sungai Ciliwung ini.

"Oleh karena itu saya kira apa yang dibunyikan oleh pak Jokowi patut jadi perhatian pak Gubernur. Nah Gubernur sesekal kunjungan kerjanya nggak usah yang jauh. Undang aja menteri Korea itu untuk menanyakan konsep apa yang mereka pakai sungainya bisa bagus seperti itu," terangnya.

Bestari juga berharap Anies menindaklanjuti keinginan Presiden tersebut dengan mencontoh sungai-sungai yang ada di luar negeri.

"Mudah-mudahan gubernur juga bisa merespon ini dengan baik melihat kenyataan bahwa sungai kita ini masih memalukan, khususnya kali item, dan sungai lain, sebenarnya bagaimana sih konsep kali di luar sana," pungkasnya.

Sebelumnya keinginan Presiden Jokowi itu diungkapkan saat menyusuri Sungai Cheonggyecheon, Seoul, Korea Selatan, bersama dengan Wali Kota Park.

Jokowi terkesima dengan kebersihan sungai tersebut sehingga dirinya berharap "resep" tersebut dapat diterapkan pada Sungai Ciliwung di Jakarta.

Baca: Kemlu RI Benarkan Dua WNI Jadi Korban Penculikan di Perairan Malaysia

"Sungai Cheonggyecheon ini sebuah inspirasi yang sangat bagus kalau sungai Ciliwung bisa bersih, dan itu bisa," ujar Jokowi.

Wali Kota Park menyambut baik permintaan Jokowi. Park menyebut siap membantu Presiden RI itu yang telah didapuk sebagai warga kehormatan Seoul.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help