Berusaha Hindari Penyapu Jalan, Bus TransJakarta Tabrak Tiang Penyangga Halte di Tomang

Hal itu terjadi setelah sebuah Bus Transjakarta menabrak tiang penyangga itu pada Selasa (25/9/2018) sekitar pukul 06.30 WIB

Berusaha Hindari Penyapu Jalan, Bus TransJakarta Tabrak Tiang Penyangga Halte di Tomang
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Bus Transjakarta menabrak tiang penyangga Halte Transjakarta Rumah Sakit (RS) Sumber Waras, Jalan Kyai Tapa, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Selasa (25/9/2018) sekitar pukul 06.30 WIB 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebuah tiang penyangga di Halte Transjakarta Rumah Sakit (RS) Sumber Waras, Jalan Kyai Tapa, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, nyaris tumbang.

Hal itu terjadi setelah sebuah Bus Transjakarta menabrak tiang penyangga itu pada Selasa (25/9/2018) sekitar pukul 06.30 WIB.

Baca: Komisi X Harap Kasus Tewasnya Pendukung Sepakbola Diakhiri

"Kronologi awal, setelah bus melintas flyover Roxy ke Grogol, Bus Transjakarta tersebut ingin melintas masuk jalur bus," ujar Humas PT Transjakarta Wibowo.

"Namun, mau berniat menghindari seorang penyapu jalan yang saat itu berada di jalur tersebut, ban sebelah kirinya keluar dari separator kecil (warna kuning). Bus hendak ke kanan lagi agar ban sebelah kiri itu bisa ke jalur busway. Akan tetapi ban itu belum bisa lewati separator itu, alhasil terjadi insiden itu,"sambungnya.

Namun, Wibowo enggan menyebutkan nama sopir bus. Wibowo hanya mengatakan, kasus ini tengah ditangani pihak kepolisian Polda Metro Jaya (PMJ).

Kasatlantaswil Jakarta Barat AKBP Ganet Sukoco menerangkan, kasus kecelakaan yang dialami Bus Transjakarta di Jalan Kyai Tapa, tengah ditangani jajaran Subdit Gakkum Dit Lantas PMJ.

"Ditangani Subdit Gakkum Dit Lantas PMJ. Di bus itu saat kejadian sedang tidak membawa penumpang atau dalam kondisi kosong. Untuk sementara, si sopir bus selamat dari benturan karena menggunakan sabuk pengaman. Nopol bus B 7240 TGC bernomor seri TJ-456," beber Ganet.

Baca: Asal Muasal Kopi Canggah: Kopi Asli dari Subang, Jawa Barat

Nirwono Joga, Pengamat Tata Kota dan Transportasi Universitas Trisakti, mendesak PT Transjakarta melakukan evaluasi menyeluruh.

"Terutama terhadap pramudi Bus Transjakarta ya, harus ada sanksi tegas diberikan. Sebab, itu sudah melanggar. Lalu, perekrutannya bahkan harus profesional. Pengelola juga harus dapat bertanggung jawab dan memberi perlindungan penuh kepada penumpang," paparnya.

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan

Berita ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul: Hindari Penyapu Jalan, Bus Tranjakarta Tabrak Tiang Penyangga Halte Hingga Nyaris Tumbang

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help