Penderita Kanker Bisa Bekerja dan Hidup Layaknya Orang Sehat

Dukungan moril dari sesama penderita kanker bisa menguatkan mereka dan akan mempercepat penyembuhan

Penderita Kanker Bisa Bekerja dan Hidup Layaknya Orang Sehat
Ist
Siloam Cancer Support Community (SCSC) kembali menggelar kegiatan ‘Celebrating Pink October’ sebagai bulan kanker payudara di Siloam Hospitals Simatupang, Sabtu (14/10/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Siloam Cancer Support Community (SCSC) kembali menggelar kegiatan ‘Celebrating Pink October’ sebagai bulan kanker payudara di Siloam Hospitals Simatupang, Sabtu (13/10/2018).

Acara yang juga untuk memperingatan satu tahun terbentuknya SCSC diawali dengan senam bersama, lalu dilanjutkan Health Talk bertema ‘Penanganan Pasien dan Nutrisi Paska Kemoterapi dan Radiasi.

Hadir sebagai pembicara, dr Yuddi Wahyono, SpOnk Rad, dr. Dian Kusuma Dewi, M.Gizi. Pelepasan balon pink dan perak ke udara secara menjadi puncak peringatan Pink October kali ini.

“Penderita kanker membutuhkan support psikologis bahwa penderita kanker bisa bekerja dan hidup layaknya orang sehat biasa. Sehingga dukungan moril dari sesama penderita kanker bisa menguatkan mereka dan akan mempercepat penyembuhan,” ungkap Karlina Djajanegara, Ketua Komunitas Siloam Cancer Support Community.

Karlina yang juga merupakan salah seorang pasien penderita kanker Siloam Hospitals, langsung menyatakan dukungannya ketika Siloam Hospitals membentuk SCSC dan mempercayakan dirinya sebagai ketua SCSC.

Baca: Pesan Haru Sang Buah Hati untuk Sutopo: Ayah Jangan Menyerah Melawan Kanker

“Saya pikir ini adalah sesuatu yang sangat positif, dan belajar dari pengalaman pribadi saya sebagai penderita kanker, saya paham benar bahwa teman-teman penderita kanker sangat membutuhkan wadah atau tempat untuk berkomunikasi, sharing, dan memerlukan dukungan agar bisa menjalani semua perawatan dengan baik untuk proses penyembuhan,” ungkap Karlina.

Menurut Karlina, hingga saat ini anggota SCSC sudah lebih dari 100 orang. Dengan jumlah penderita kanker payudara hampir 80 persen. Namun, Karlina juga tidak menutup kegiatan komunitas hanya untuk penderita kanker wanita saja. 

“Ada juga penderita kanker pria yang aktif dalam komunitas ini. Intinya, kami sangat peduli dan akan selalu mensupport para penderita kanker,” ucap Karlina.

Direktur Siloam Hospitals Simatupang, Hans Lie M.Sc., mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan atau support bagi penderita kanker. 

“Siloam Hospitals berkomitmen untuk selalu mensupport para penderita kanker. Di antaranya dengan memfasilitasi berbagai kegiatan seperti seminar, bincang kesehatan dan lain sebagainya. Kami ingin memberi semangat kepada penderita kanker dalam menjalani pengobatan,” ujar Hans Lie.

Hadir dalam peringatan tersebut, Camat Cilandak, Jakarta Selatan, Tommy Fudihartono, S.sos., memberikan apresiasinya kepada Siloam Hospitals Simatupang yang mau berbagi dan memfasilitasi masyarakat menambah pengetahuan tentang masalah-masalah kesehatan. 

“Siloam Hospitals adalah rumah sakit yang dinilai aktif dalam mensosialisasikan masalah-masalah kesehatan kepada masyarakat. Juga termasuk dalam berkegiatan sosial lainnya seperti, pengobatan gratis, cek kesehatan bagi warga dan masyarakat di Cilandak ini, semoga ini bisa menjadi contoh bagi rumah sakit lain. Apalagi saat ini Siloam Hospitals juga menerima pasien BPJS. Jadi tidak lagi ada anggapan bahwa Siloam Hospitals adalah rumah sakit yang hanya menangani pasien kelas atas, tetapi juga masyarakat secara umum,” pungkas Tommy.

Acara yang disambut hangat para penderita kanker payudara tersebut juga dihadiri oleh artis Marcella Zalianty, yang memberi semangat kepada para penderita agar jangan menyerah dan tetap semangat menjalani perawatan.

Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved