Ledakan Tabung Gas Elpiji 12 Kilogram di Bekasi Diduga Akibat Bocornya Selang Regulator

"Jadi dugaan dari pemeriksaan tim ada kebocoran di kepala regulatornya," kata AKBP Jairus Saragih

Ledakan Tabung Gas Elpiji 12 Kilogram di Bekasi Diduga Akibat Bocornya Selang Regulator
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Sejumlah petugas kepolisian sedang oleh TKP dari sebuah rumah yang hancur terdampak ledakan gas elpiji di Jalan Gurame 2, RT06, RW02, Perumahan Harapan Baru 2, Kota Bekasi, Kamis (8/11/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Setelah melakukan olah tempat kejadian perkara di rumah Jalan Gurame 2, Perumahan Harapan Baru 2, Kelurahan Kota Baru, Kota Bekasi, Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota AKBP Jairus Saragih mengatakan, ledakan gas elpiji diduga akibat selang regulator yang bocor.

"Jadi dugaan dari pemeriksaan tim ada kebocoran di kepala regulatornya, akibatnya gas dari dalam tabung itu bocor dan mengendap di sekitar kompor atau area masak, ketika ada pemantik gas itu langsung menimbulkan ledakan yang cukup kuat," kata Jairus di lokasi terjadinya ledakan tabung gas, Kamis (8/11/2018).

Baca: Penghuni Rumah di Bekasi: Saat Bangun Tubuh Saya Penuh dengan Genting dan Serpihan Kaca

Pihaknya juga telah mengamankan sejumlah barang bukti berupa selang regulator beserta kepalanya, tabung gas 12 kg.

Jairus menilai, kemungkinan pemilik rumah pada saat memasang regulator gas kurang kencang atau kondisi regulator yang sudah jelek.

"Ditambah kondisi rumah yang minim ventilasi mengakibatkan udara pada saat gas bocor tidak keluar hingga saat terjadi ledakan seisi rumah hancur akibat tekanan gas di dalam rumah yang tinggi," jelas dia.

Akibat kejadian itu, empat orang menglamai luka diantaranya Farel Situmorang (59) pemilik rumah, David Situmorang (28) anak, Samsiah (53) istri, dan Eisen Rosafel Panjaitan (38) pemilik rumah samping lokasi kejadian.

Kondisi rumah hancur, atap, dinding, hingga pintu depan dan satu unit mobil minibus dengan nomor polisi B 1402 KMH mengalami kerusakan.

Selain itu, tiga rumah di sekitar lokasi kejadian juga mengalami kerusakan akibat terkena imbas lendakan dan respihan reruntuhan rumah.

Baca: Suara Ledakan Tabung Gas 12 Kilogram di Bekasi Menyerupai Bom

Korban luka sejauh ini masih mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Ananda Bekasi.

Adapun masing-masing korban menderita luka, Farel dan Samsiah mengalami luka bakar pada badan, David mengalami luka sobek pada kepala, Eisen mengalami luka robek pada kepala, hidung, dahi, pipi kanan dan kiri memar.

Penulis: Yusuf Bachtiar

Berita ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul: Ledakan Gas Elpiji 12 Kilogaram di Bekasi Diduga Timbul karena Bocornya Selang Regulator

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved