MTQ Meningkatkan Iman dan Taqwa Kepada Allah SWT kata Zudan Arif Fakhrullah

Dewan Pengurus KORPRI Nasional bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur’an

MTQ Meningkatkan Iman dan Taqwa Kepada Allah SWT kata Zudan Arif Fakhrullah
ist
Zudan Arif Fakhrullah 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Pengurus KORPRI Nasional bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IV KORPRI Tingkat Nasional 2018 di Jakarta, 10-17 November 2018.

MTQ IV KORPRI kali ini mengambil tema : “Dengan MTQ KORPRI kita wujudkan Anggota KORPRI yang Berpikir dan Bekerja Cerdas serta Berakhlakul Karimah”.

Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Nasional, Prof. Dr. Zudan Arif Fakhrullah, SH.,MA. Mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT melalui pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Al Quran, khususnya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai anggota KORPRI.

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) KORPRI telah dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota, tingkat Provinsi, dan juga di tingkat Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang akhirnya bermuara di tingkat Nasional.

MTQ KORPRI Tingkat Nasional akan memperebutkan Piala Bergilir Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Nasional disamping itu pula kepada para juara akan diberikan Uang Pembinaan dan MTQ IV KORPRI Tahun 2018 mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

MTQ KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2018 yang diselenggarakan di Provinsi DKI Jakarta merupakan MTQ yang ke-4 sementara MTQ I KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2012 dilaksanakan di Makassar, MTQ II KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2014 di Banda Aceh, serta MTQ III KORPRI Tingkat Nasional di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2016.

MTQ IV KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2018 rencananya akan dibuka secara resmi oleh Menteri Agama RI, yang akan diikuti oleh para kafilah yang mewakili 34 (tiga puluh empat) Provinsi dan 76 (tujuh puluh enam) Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian serta beberapa Lembaga lain.

Adapun cabang dan golongan yang diperlombakan/dimusabaqahkan terdiri dari 5 (lima) cabang dengan 8 (delapan) golongan. Yakni Cabang Tartil al-Qur’an: Golongan Tartil al-Qur’an (Putra dan Putri), Cabang Tilawah al-Qur’an: Golongan Tilawah al-Qur’an (Putra dan Putri), Cabang Hifzh al-Qur’an terdiri atas: Golongan Juz 30 (Juz Amma) (Putra dan Putri); Golongan 2 (dua) Juz Plus (surah al-Baqarah) (Putra dan Putri); Golongan 5 (lima) Juz Plus (surah al-Baqarah s.d an-Nisa) (Putra dan Putri); Golongan 7 (tujuh) surat pilihan (al-Kahfi, as-Sajadah, Yasin, ad-Dukhan, ar-Rahman, al-Waqi’ah dan al-Mulk) (Putra dan Putri).

Kemudian Cabang Dakwah al-Qur’an: Golongan Da’i dan Da’iyah (Putra dan Putri). Cabang Khath al-Qur’an, terdiri atas: Golongan Dekorasi (Putra dan Putri) dan Golongan Kaligrafi Kontemporer (Putra dan Putri).

Rangkaian kegiatan Musabaqah diawali dengan Malam Ta’aruf & Pelantikan Dewan Hakim pada Sabtu, 10 November 2018 pukul 19.00 wib – selesai di Balai Agung, Kantor Gubernur DKI Jakarta. Kemudian Pembukaan MTQ IV KORPRI akan dilakukan pada Minggu, 11 November 2018 di Pdepokan Pencak Silat TMII Jakarta Timur, Pukul 19.00 wib – selesai.

Sementara Perlombaan hingga Selain perrlombaan, kegiatan juga dimeriahkan Bazar dank kegiatan city tour.

Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved