Demo di Jakarta

Saling Klaim Jumlah Peserta Reuni Akbar 212, Anies Baswedan: Ukuran Monas 80 Hektare

Sejumlah tokoh saling klaim soal jumlah massa yang hadir dalam Reuni Akbar 212 di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (2/12/2018).

Saling Klaim Jumlah Peserta Reuni Akbar 212, Anies Baswedan: Ukuran Monas 80 Hektare
Tribunnews.com/ Danang Triatmojo
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018). 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah tokoh saling klaim soal jumlah massa yang hadir dalam Reuni Akbar 212 di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (2/12/2018).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hanya menyebut ukuran kawasan Monas sebesar 80 hektare tanpa menyebutkan daya tampungnya.

"Nggak tahu saya, saya tahunya ukurannya 80 ha (hektare)," tutur Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018).

Diketahui, beberapa tokoh saling klaim terkait total jumlah peserta yang hadir saat pelaksanaan aksi bertajuk reuni akbar 212 tersebut.

Baca: SPBU Total Dahului Turunkan Harga BBM, Kapan Pertamina dan Shell?

Mereka diantaranya Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 Slamet Maarif, kepolisian, hingga mantan kuasa hukum Rizieq Shihab, Kapitra Ampera.

Seperti dikutip sejumlah laporan, Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 Slamet Maarif mengklaim bahwa jumlah peserta reuni 212 ini bisa mencapai 8 juta orang yang menurutnya lebih banyak dibandingkan aksi dua tahun sebelumnya.

Sementara itu juru bicara kepolisian, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan jumlah peserta aksi reuni 212 adalah 100.000 saja.

Baca: Sama-sama Berada di Bali, Luna Maya dan Pengusaha Asal Malaysia Ramai Didoakan Berjodoh

Hal ini berdasarkan data yang diperoleh pihak kepolisian di Monas.

Politikus PDIP Kapitra Ampera yang juga mantan penasihat hukum Rizieq Shihab memposting sebuah foto berisi tulisan di akun Twitternya, @kapitraampera.

Menurut Kapitra Ampera, jumlah massa dalam Reuni 212 itu tidak sebanyak 8 juta orang seperti yang disampaikan oleh panitia.

Sebab, kata dia, jumlah warga Ibu Kota sendiiri ada 9 juta orang, sehingga tidak mungkin bila massa reuni 212 sebanyak 8 juta orang.

Baca: 14 Jenazah Korban Penembakan KKB di Papua Diterbangkan ke Makassar

Walau tak menyebut angka pasti, Gubernur DKI Anies Baswedan mengklaim bahwa massa yang datang jumlahnya lebih banyak dibanding pengunjung acara di malam tahun baru 2018.

"Jumlah massanya (Reuni 212) mungkin lebih banyak dari Tahun Baru," kata Anies saat meninjau kebersihan di Monas usai pelaksanaan acara, Minggu (2/12/2018) sore.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved