Penggunaan Kompor Induksi.Diklaim Lebih Bersih dan Nyaman Dibandingkan Kompor Gas

Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik PLN, kompor induksi didaulat lebih hemat hingga 6x lipat dibandingkan dengan kompor gas

Penggunaan Kompor Induksi.Diklaim Lebih Bersih dan Nyaman Dibandingkan Kompor Gas
Istimewa
Berdasarkan penelitian, penggunaan kompor induksi lebih hemat hingga 6x lipat dibandingkan dengan kompor gas. Terlihat peserta menggunakan kompor gas induksi saat lomba Masak Serba Ikan (LMSI) Tingkat Nasional Tahun 2018 yang diadakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada hari Jumat, 7 Desember 2018 di JCC Senayan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  – Sebagai dukungan terhadap perubahan lifestyle masyarakat baik dalam konsumsi ikan dan juga dalam menggunakan sumber energi yang lebih bersih dan ramah lingkungan, PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya memberikan dukungan untuk Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) Tingkat Nasional Tahun 2018 yang diadakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),  Jumat  (7/12/2018).

Bentuk dukungan PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya ini sendiri berupa penyediaan kompor induksi yang menggunakan listrik untuk digunakan oleh para peserta lomba.

Kompor induksi ini disediakan sebagai bentuk sosialisasi dari PLN UID Jakarta Raya untuk mengubah paradigma masyarakat bahwa memasak harus menggunakan api.

"Kami sangat mendukung peeubahan lifestyle masyarakat menuju era memasak dengan nyaman, bersih, dan praktis. Juga pastinya lebih aman dari bahaya kebakaran," ungkap Ikhsan Asaad, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Sabtu (8/12/2018).

Penggunaan kompor induksi yang mudah dan praktis sendiri tidak menyulitkan para peserta dalam pelaksanaan lomba masak ikan.

Baca: Kompor Lupa Dimatikan, Enam Rumah di Meruya Hangus Terbakar

"Masakannya lebih cepat matang. Saya juga pakai kompor induksi di rumah karena nenek sering lupa mematikan kompor. Kalau kompor induksi ini ada timer-nya dan tidak ada api sehingga lebih aman," ungkap Vina Amerlina, perwakilan dari Provinsi Riau yang menjadi Juara Umum dalam ajang LMSI Tahun 2018.

"Saat saya di Swiss dan Spanyol, professional kitchen di sana memang sudah menggunakan kompor induksi karena lebih ramah lingkungan. Untuk penggunaan rumah tangga sendiri, saya lebih merekomendasikan kompor induksi karena lebih safety," tambah Juna Rorimpandey, chef yang menjadi salah satu juri yang menilai para peserta LMSI Tingkat Nasional Tahun 2018.

"Hal yang perlu disesuaikan adalah feel dalam memasak karena memang feel memasak dengan api dan dengan kompor induksi akan berbeda," tambahnya.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Teknik PLN, kompor induksi didaulat lebih hemat hingga 6x lipat dibandingkan dengan kompor gas.

LMSI ini sendiri diikuti oleh perwakilan provinsi-provinsi se-Indonesia dan dilaksanakan setiap tahunnya oleh KKP untuk mengkampanyekan program Gemar Ikan.

Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved