LRT Kelapa Gading-Velodrome Ditargetkan Bisa Beroperasi Mulai Februari 2019

Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin mengatakan, pihaknya tengah mengebut pengerjaan yang perkembangannya sudah mencapai 97%.

LRT Kelapa Gading-Velodrome Ditargetkan Bisa Beroperasi Mulai Februari 2019
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Kereta Light Rail Transit (LRT) menaikan penumpang saat uji coba di Stasiun Velodrom, Jakarta Timur, Senin (3/9/2018). Sesi uji coba operasi LRT Jakarta tahap perdana masih akan berlanjut hingga pertengahan September 2018. Angkutan berbasis rel ini diproyeksikan mengubah kebiasaan warga, dari mengendarai kendaraan pribadi menjadi bertransportasi publik dan ditargetkan akan mengangkut 10.000 penumpang per harinya. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Moda transportasi light rail transit ( LRT) Kelapa Gading-Velodrome Rawamangun dinyatakan siap beroperasi pada Februari 2019.

Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin mengatakan, pihaknya tengah mengebut pengerjaan yang perkembangannya sudah mencapai 97%.

"Sampai saat ini, kami terus melakukan akselerasi percepatan dengan target Februari nanti kami bisa melakukan uji coba dan operasi," kata Iwan di Depo LRT Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (10/1).

Iwan mengatakan, pembangunan jalur kereta dinyatakan rampung 100%.

Adapun, pembangunan lima stasiun dari Stasiun Velodrome hingga Stasiun Boulevard Raya Utara hampir rampung seluruhnya.

Baca: Mandiri Utama Finance Siap Realisasikan DP 0% untuk Kredit Kendaraan Bermotor

Iwan menyebut, bagian-bagian yang belum sepenuhnya selesai adalah pemasangan lift di salah satu stasiun dan perbaikan kerusakan yang disebabkan pekerjaan konstruksi.

"Misalnya keramik pecah itu diperbaiki semua, tiap dua kali seminggu kami keliling ngecek defect yang mungkin rusak sedikit akibat kerusakan. Nanti setelah itu general cleaning," ujar Iwan.

Iwan melanjutkan, empat rangkaian kereta yang dimiliki juga sudah diuji coba dan tidak bermasalah. Adapun, pengujian sistem dan integrasi masih dikerjakan.

"Pusat kontrolnya sudah selesai, itu kami lakukan integrasi pengetesannya bukan hanya memastikan pasti menyala, tetapi kami pastikan juga skenario pada saat emergency-nya," kata dia.

Proyek LRT Jakarta awalnya ditargetkan selesai sebelum perhelatan Asian Games 2018 yang digelar 18 Agustus. Namun, rencana tersebut diundur hingga awal 2019.

PT LRT Jakarta menargetkan waktu kedatangan antar kereta atau headway LRT Jakarta mencapai lima menit pada jam sibuk dan 15 menit pada waktu reguler. (Ardito Ramadhan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "LRT Kelapa Gading-Velodrome Beroperasi Februari"

Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved