Curhatan Driver Ojol ke Jokowi: Berharap Diakui, Sejahtera hingga Minta Helm

Sementara itu, perwakilan dari pengemudi Bluebird meminta‎ agar kesejahteraan mereka diperhatikan.

Curhatan Driver Ojol ke Jokowi: Berharap Diakui, Sejahtera hingga Minta Helm
Apfia Tioconny Bill
Antusias Para Driver ojek online saat bertemu dengan Presiden Jokowi, Sabtu (12/1/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah perwakilan pengemudi online sempat berbincang langsung dan menyampaikan curhatan mereka selama mengais rejeki di jalanan kepada Presiden Jokowi, ‎dalam acara silaturahmi nasional dengan keluarga besar pengemudi online di Ji-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (12/1/2019).

Sebagian besar pengemudi online ini meminta agar kehadiran mereka diakui.

"Terimakasih untuk Pak Presiden Jokowi, Bapak Menteri Perhubungan yang akan mengeluarkan regulasi baru. Mudah-mudahan dengan adanya regulasi dapat menyejahterakan kita semua seluruh Indonesia," ucap Sumaryono, pengemudi Gojek.

Sementara itu, perwakilan dari pengemudi Bluebird meminta‎ agar kesejahteraan mereka diperhatikan. Termasuk regulasi yang akan keluar, bisa memudahkan mereka dalam mencari nafkah di jalanan.

"Kami sekali lagi mengucapkan terima kasih pada Pak Presiden. Pak presiden ada di hati kami. Kami doakan Pak Jokowi selalu sehat," tambah Cici, pengemudi Grab.

Lanjut ketika Jokowi naik ke podium dan menyapa ratusan pengemudi online, Jokowi sempat pula meminta perwakilan dari mereka untuk maju ke depan.

Baca: Pengalaman Warga Aceh yang Membuat Paspor Demi Bepergian ke Malang dan Jakarta karena Tiket Mahal

Merespons itu, isi ruangan sangat riuh. Ratusan pengemudi online bersorak sorai mengangkat tangan agar dipilih maju berbincang dengan Jokowi.

Alhasil ada lima pengemudi online yang maju ke podium. Jokowi bertanya berapa penghasilan mereka per harinya.

Erwin pengemudi online mengaku dalam seminggu kerja lima sampai enam hari. Hari liburnya pun tak menentu tergantung saat dirinya lelah. Jika sudah lelah, Erwin akan libur.

"Waktu kerja saya fleksibel Pak Jokowi. Liburnya kapan ya secapenya saya saja," ujar Erwin.

Pengemudi online yang lain, Yadin mengaku dalam sehari mendapat Rp 200 ribu-Rp 300 ribu.‎ Sedangkan pengemudi Bluebird, Firdaus yang sudah 16 tahun bekerja juga mengaku pendapatannya sehari mencapai Rp 200 ribu-Rp 250 ribu.

Usai berbincang dengan Jokowi, kompak lima pengemudi online yang maju ke podium meminta berswafoto. Bahkan mereka juga meminta helm pada mantan Wali Kota Solo tersebut.

"Sudah dapat foto, minta helm lagi. Saya tidak tahu itu helm di depan panggung punya siapa. Coba tanya pak menteri itu," kata Jokowi.

Ternyata helm tersebut memang disediakan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk para pengemudi online. Alhasil masing-masing pengemudi online mendapat satu helm.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved