Keindahan Lukisan Monokron dari Bahan Kopi Karya Chrysnanda Dwilaksana

Chrysnanda Dwilaksana memamerkan karya-karyanya ini di Museum Seni Rupa dan Keramik, di kawasan Kota Tua Jakarta, mulai 9 hingga 16 Februari 2019.

Keindahan Lukisan Monokron dari Bahan Kopi Karya Chrysnanda Dwilaksana
HANDOUT
Chrysnanda Dwilaksana, seniman lukis yang tampil di pameran Coffee in Culture Heritage 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bagi pecinta kopi, ada cara lain untuk menikmati kopi Bukan diseduh dan diminum seperti cara biasanya. Tapi melalui karya seni berwujud hasil lukisan.

Seniman dari Komunitas Coffee Painter berhasil membuat lukisan indah dari seduhan hingga ampas kopi. Kali ini tema yang di ambil dalam pameran lukisan ini adalah coffe in culture heritage atau kopi dalam peninggalan kebudayaan.

Chrysnanda Dwilaksana, salah satu pelukis yang tampil di pameran Coffee in Culture Heritage ini mengungkapkan, seni pada hakekatnya memiliki banyak konsep yang bisa diaplikasikan. Namun menurutnya, ada suatu prinsip mendasar yang bisa dijabarkan dalam berbagai bentuk karya.

"Karya seni merupakan ungkapan jiwa dalam pikiran dan hasrat pada sesuatu bidang yang dapat ditangkap indra. Sehingga dapat terungkap makna di balik gejala atau fakta itu," ujarnya.

Sekitar 23 capture budaya yang tumbuh dan berkembang di Indonesia berhasil dia tampilkan dalam wujud lukisan di atas kanvas berukuran 1x1 meter.

Baca: Soal Puisi Doa Yang Ditukar, Fadli Zon Tolak Minta Maaf

Chrysnanda Dwilaksana memamerkan karya-karyanya ini di Museum Seni Rupa dan Keramik, di kawasan Kota Tua Jakarta, mulai 9 hingga 16 Februari 2019.

Chrysnanda Dwilaksana11
Karya lukisan Chrysnanda Dwilaksana yang menggunakan bahan dari racikan kopi.

Lukisan-kukisan kopi karyanya tampil monokrom dengan beragam tema kebudayaan, mulai dari nuansa Bali, Borneo, Jawa, hingga Tionghoa.

Chrys mengungkapkan, seni menandakan adanya hasrat yang hidup dalam suatu kehidupan. Memaknai seni bukan saja sebatas karya melainkan juga apa yang ada dari alam yang bisa dielaborasi menjadi sesuatu bidang yang baru. Seni merupakan sesuatu sarat makna.

Baca: Secara Teknikal Dolar Berpeluang Menguat ke Rp 14.100 dalam Jangka Pendek

Makna dalam suatu karya seni rupa, bagnya, bisa diekspresikan dalam warna yang tersapu melalui goresan di atas kanvas menjadi tanda yang dapat ditangkap indera dan diungkapkan makna maknanya.

Baginya, seni bukan sekadar menampilkan keindahan ke dalam sebuah medium. Tapi juga harus menampilkan ada pesan dan rasa yang bis ditangkap oleh indra manusia untuk menjadi stimulator jiwa.

Baca: Billy Syahputra Disebut Nikah Siri dengan Hilda, Kriss Hatta: di Negara Kita Gak Boleh Poliandri

Baca: Teringat Nasihat Ayah Ahok Soal Pernikahan, Fifi Lety: Ada yang Gak Mau Dengar

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved